Perancangan Logo Dengan Metode Logo Design Process Untuk Tempat Wisata Studi Kasus Tahura Lati Petangis, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur
Keywords:
Branding, Logo, Identitas Visual, Tahura Lati Petangis, WisataAbstract
Perancangan logo dan identitas visual bagi industri pariwisata termasuk dalam kategori branding yang bertujuan meningkatkan daya tarik dan kepercayaan pengunjung. Taman Hutan (Tahura) Raya Lati Petangis, Kabupaten Paser, Provinsi Kalimantan Timur merupakan kawasan area hutan konservasi dengan luasan hampir 3000 hektar. Selain sebagai area konservasi, kawasan ini juga dikembangkan sebagai area wisata yang bertema wisata alam. Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Paser selaku pengelola kemudian mengembangkan wisata minat khusus yang berhubungan dengan tema ekowisata seperti selusur hutan, pengamatan satwa, fotografi dan memancing di danau. Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Paser menyebutkan terdapat kurang lebih 1.367 pengunjung selama tahun 2022 ke area wisata ini. Setelah dilakukan studi lapangan dan wawancara kepada pengelola dan pengunjung ditemukan masalah bahwa kawasan Tahura ini yang belum memiliki logo dan identitas visual. Pengelola Tahura Lati Petangis Kabupaten Paser kemudian bekerja sama dengan Politeknik Negeri Samarinda dalam perancangan identitas visual sebagai upaya branding karena logo menjadi representasi visual dari identitas dan karakteristik brand kawasan wisata. Metode dalam mendesain logo ini adalah dengan menggunakan metode Logo Design Process dan mengambil value dan ciri unik yang merepresentasikan Tahura Lati Petangis kemudian menerjemahkannya ke dalam sebuah tanda visual. Tujuannya agar wisatawan mudah mengidentifikasi Tahura Lati Petangis dari kawasan wisata lainnya dan tentunya berimplikasi dalam meningkatkan kunjungan wisatawan.
References
Adams, Sean & Noreen Morioka.(2004). Logo Design Workbook: a hands-on guide to creating logos. Massachusetts: Rockport.
Alscher,Daniella.(2019).https://www.g2.com/articles/logo-design-processbrand (diakses 13 April 2023)
Balipapan.prokal.co.(2017). Sejarah Pembentukan Tahura Lati Petangis., https://balikpapan.prokal.co/read/news/ 207227-sejarah-pembentukan-tahura-lati-petangis. (diakses 14 April 2023)
Belloso, Juan Carlos. (2012). Building a Strong City Identity. https://www.globalrealestateexperts.com/2012/10/building-a-strongcity-identity/ (diakses 15 Februari 2023)
Cass,Jacob.(2009).https://www.smashingmagazine.com/2009/08/vital-tips-for-effective-logo-design/ (diakses 13 April 2023
Hananto, B.A., (2019) Perancangan Logo dan Identitas Visual untuk Kota Bogor. Jurnal Titik Imaji, 2(1), 19-32
Johnson, Jamahl. (2020). “Visual Identity: Everything You Need to Know about This Essential Aspect of Branding.” 99Designs.https://99designs.com/blog/logobranding/visual-identity/ (diakses 8 April 2023)
Oscario, Angela. (2013). Pentingnya Peran Logo dalam Mebangun Brand, Jurnal Humaniora, 4(1), 191-202
Pernyata, R. S., Andansari, D., Febriyana, R. V., & H, R. (2021). Pelatihan desain pengemasan dan pelabelan abon ikan toman dan madu di Tahura Lati Petangis, Kabupaten Paser. Community Empowerment, 6(10), 1929–1936
Pernyata, R.S., Vincentius F, Royke., Nizaora D. (2022). Canva Application Training for Social Media Promotion Content for Tourism Awareness Groups in Pela Village, Kutai Kartanegara Regency. Community Empowerment, 7(10), 1817-1825
Rodriguez, L., Asoro, R. L., Lee, S., Sar, S. (2013). Gestalt principles in destination logos and their influence on people's recognition and intention to visit a country, Online Journal of Communication and Media Technologies, 3, 91-107
Rustan, S. (2013). Mendesain logo. Gramedia Pustaka Utama.
Wiratama, D.A. Budiwaspada, A.E., Wahyudi, D. (2022) Metode Perancangan Logo Brand Kota dengan Partisipasi Warga Lokal. Jurnal Seni Rupa dan Desain ARS, 25(1),17-32
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SERENADE : Seminar on Research and Innovation of Art and Design
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.