Metode Design Thinking Dalam Desain Maskot Wisata Sebagai Promosi Daerah

Authors

  • Ramadhan S. Pernyata
  • Royke Vincentius

Keywords:

Design Thinking, Maskot, Promosi, Tahura Lati Petangis, Wisata

Abstract

Aspek promosi dan branding dari sebuah tempat wisata dapat dilakukan dengan perancangan maskot wisata. Kawasan wisata Taman Hutan Raya (Tahura) Lati Petangis Kabupaten Paser merupakan salah satu objek wisata berbasis ekologi yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan. Oleh karenanya perlu dibuat sebuah maskot yang dapat merepresentasikan dan mengkomunikasikan daya tarik kawasan tersebut. Tujuan dari perancangan maskot desa wisata Tahura Lati Petangis ini adalah untuk memberikan identitas visual yang kuat sehingga menjadi faktor unik dan sebagai brand communicator yang mudah diingat bagi para wisatawan untuk kepentingan promosi wisata. Dinas lingkungan hidup kabupaten Paser selaku pengelola Tahura Lati petangis bekerja sama dengan Politeknik Negeri Samarinda melakukan perancangan karakter maskot untuk merepresentasikan kawasan Tahura Lati Petangis. Setelah melalui tahap seleksi dan pengembangan ide maka dipilih hewan endemik yang terancam punah di kawasan tersebut yaitu Lutung Dahi Putih (Prebytis Frontata) sebagai simbol dari keunikan alam dan bentuk awareness bagi lingkungan hidup Tahura Lati Petangis. Perancangan maskot dilakukan dengan metode Design Thinking serta mempertimbangkan elemen desain dan ciri unik satwa Lutung Dahi Putih. Hasil perancangan maskot ini dapat digunakan untuk keperluan promosi, seperti pembuatan merchandise, brosur dan berbagai media promosi lainnya. Diharapkan dengan adanya maskot ini, Tahura Lati Petangis dapat lebih menarik minat pengunjung untuk berwisata ke Tahura Lati Petangis dan meningkatkan kesadaran lingkungan terhadap satwa yang terancam punah.

References

Alamsah, Riko., Abidin, Muhamad Rois. (2022). Perancangan Maskot Untuk Mendukung Identitas Visual Objek Wisata Air Merambat Roro Kuning Bajulan Nganjuk. Jurnal Barik, Vol. 3 No. 2, 151-164

Anshary, S., Munawir, A., & Nurhasanah, N. (2023). Environmental valuation of raya lati petangis park using the travel cost method in Paser District, East Kalimantan. ASTONJADRO, 12(2), 591-598.

Asmin, F. (2018). Ekowisata dan pembangunan berkelanjutan: Dimulai dari konsep sederhana. Universitas Andalas (Unand), 09-11.

Cayla, J. (2013). Brand mascots as organisational totems. Journal of Marketing Management, 29(1-2), 86-104.

Fandeli, C. (2000). Pengertian dan konsep dasar ekowisata. Yogyakarta, Fakultas Kehutanan UGM.

Hao, Jiayun., Xue, Wenfeng. (2021). Study on the Application of Mongolian Cultural Elements in Mascot Design. Journal of Architectural Research and Development. Volume 5; Issue 2

Haris, R. (2014). Keanekaragaman vegetasi dan satwa liar hutan mangrove. Jurnal Bionature, 15(2), 117-122.

Lloyd, S., & Woodside, A. G. (2013). Animals, archetypes, and advertising (A3): The theory and the practice of customer brand symbolism. Journal of Marketing Management, 29(1-2), 5-25.

McCloud, S. (1993). Understanding Comics: The Invisible Art. Harper Perennial, NY, USA

Oscario, Angela. (2013). Pentingnya Peran Logo dalam Mebangun Brand, Jurnal Humaniora, 4(1), 191-202

Pernyata, R. S., Andansari, D., Febriyana, R. V., & Rony, H. (2021). A design training on packaging and labeling of shredded toman fish and honey in Tahura Lati Petangis, Paser Regency. Community Empowerment, 6(10), 1929-1936.

Satyagraha, A., & Mahatmi, N. (2018). Study of mascot design character as part of city branding: Malang city. Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual, 11(2).

Septiningsih, W. (2017). Perancangan Desain Komunikasi VIsual Filosofi Surjan Jogja Menggunakan Metode Design Thinking. INVENSI, 2(1), 51-76.

Songster, E. E. (2018). Panda nation: the construction and conservation of China's modern icon. Oxford University Press.

Subagiyo, L. (2020). Potensi Kawasan Pesisir Kabupaten Paser, Penajam Paser Utara Dan Kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur. Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Xu, J. B., Yan, L., & Pratt, S. (2022). Destination image recovery with tourism mascots. Journal of Destination Marketing & Management, 25, 100732.

Published

01-08-2023

How to Cite

Pernyata, R. S., & Vincentius, R. (2023). Metode Design Thinking Dalam Desain Maskot Wisata Sebagai Promosi Daerah. SERENADE : Seminar on Research and Innovation of Art and Design, 2(1), 404–413. Retrieved from https://serenade.ukdw.ac.id/index.php/serenade/article/view/93