Perancangan Produk Music Box Berbahan Perak Dengan Ragam Hias Batik Sawat
Keywords:
Music Box, Kriya Perak, Batik SawatAbstract
Perancangan ini berfokus pada pengembangan produk kriya berbahan perak dengan teknik produksi pahat. Kegiatan pada perancangan ini membuka peluang diversifikasi produk kriya berbahan perak agar meluas tidak hanya pada kategori produk perhiasan. Pada perancangan ini produk kriya perak didesain dengan tema kebudayaan yang mengambil inspirasi dari motif Batik Sawat untuk diaplikasikan pada ornamen produk music box yang memiliki fungsi dekoratif serta nilai kegunaan sebagai tempat penyimpanan perhiasan. Tujuan dari perancangan ini ialah untuk mengembangkan dan mengenalkan produk kriya perak pada konsumen milenial saat ini serta mengeksplorasi keragaman budaya Indonesia melalui Batik Sawat yang bernilai unik dan estetis menjadi produk kriya perak unggulan yang mengacu pada nilai tradisional sehingga dapat membuka peluang pasar baru dan mampu bersaing secara global. Dalam proses perancangan ini digunakan metode design thinking Ideo yang mengacu pada segmentasi pasar serta visual product evaluation untuk mengetahui respon konsumen terhadap produk yang dirancang. Luaran dari perancangan produk ini ialah prototype produk music box yang memiliki inovasi dan pengembangan pada ornamen kriya perak dengan nilai kebudayaan, yang diharapkan dapat memberikan manfaat bagi industri kepariwisataan dan ekonomi kreatif di Indonesia saat ini.
References
(Amaris Trixie, 2020; Falagán dkk., 2017; Fibriliani S, 2012; Fitri Naris Wati dkk., 2023; Hamzuri, 1981; Lewrick dkk., 2018; Mootee, 2013; Pujianto, 2003; Rizqa Amini, 2017; Rufaida & Indriastuti, 2016; Saputra & Kania, 2022; Savitri Anggraeni & David Magetanapuang, 2020; Schnurr dkk., 2016; Waskito & Putra, 2019)Amaris Trixie, A. (2020). FILOSOFI MOTIF BATIK SEBAGAI IDENTITAS BANGSA INDONESIA. FOLIO Journal of fashion design & business, 1(1). https://journal.uc.ac.id/index.php/FOLIO/article/view/1380
Anggraini Saputri, L., & Yuwono, H. (2022). IMPROVE CREATIVITY OF EARLY CHILDREN AGE WITH ART ACTIVITIES. Early Childhood Research journal, 5(1), 42–56.
Falagán, C., Grail, B. M., & Johnson, D. B. (2017). New approaches for extracting and recovering metals from mine tailings. Minerals Engineering, 106, 71–78. https://doi.org/10.1016/j.mineng.2016.10.008
Fibriliani S, S. (2012, April). Membedah Potensi Industri Perak di Indonesia. Warta Ekspor Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. http://djpen.kemendag.go.id/app_frontend/admin/docs/publication/7581360218691.pdf
Fitri Naris Wati, F. N. W., Rizqia Laili, I., Maharani, A., Anjari, T., & Dwi Budi Astuti, W. (2023). PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA KERAJINAN PERAK KOTAGEDE. PROSIDING SEMINAR NASIONAL DAN CALL PAPER STIE WIDYA WIWAHA, 1, 372–388.
Hamzuri. (1981). Batik Klasik (Classical Batik) (1985 ed.). Djambatan.
Lewrick, M., Link, P., & Leifer, L. (2018). The Design Thinking Playbook: Mindful Digital Transformation of Teams, Products, Services, Businesses and Ecosystems. John Wiley & Sons.
Mootee, I. (2013). Design Thinking for Strategic Innovation: What They Can’t Teach You at Business or Design School (illustrated ed.). John Wiley & Sons.
Pujianto. (2003). MitologiJawaDalamMotifBatikUnsurAlam. Jurnal Bahasa & Seni, 31(1).
Rizqa Amini, G. (2017). PENCIPTAAN MOTIF BATIK SAWAT MANDALIKA PADA BUSANA PESTA COCKTAIL SEBAGAI BENTUK PENGENALAN TRADISI BAU NYALE. UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta.
Rufaida, E. Y., & Indriastuti, S. (2016). Pembuatan Kerajinan Perak Menggunakan Logam Campuran Tembaga dengan Teknik Kombinasi Manual dan Masinal. Dinamika Kerajinan Dan Batik: Majalah Ilmiah, 23(1), Article 1. https://doi.org/10.22322/dkb.v23i1.988
Saputra, D., & Kania, R. (2022). Implementasi Design Thinking untuk User Experience Pada Penggunaan Aplikasi Digital. Prosiding The 13th Industrial Research Workshop and National Seminar, 13(1), 1174–1178. https://doi.org/10.35313/irwns.v13i01.4210
Savitri Anggraeni, N., & David Magetanapuang, J. (2020). EKSPLORASI BENTUK FLORAL DALAM PENGEMBANGAN USAHA KECIL MENENGAH PRODUK SCARF HELINAR. Jurnal IKRAITH-EKONOMIKA, 2(3), 82–93.
Schnurr, B., Brunner-Sperdin, A., & Stokburger-Sauer, N. (2016). The effect of context attractiveness on product attractiveness and product quality: The moderating role of product familiarity. Marketing Letters, 28(2), 241–253. https://doi.org/10.1007/s11002-016-9404-3
Waskito, M. A., & Putra, E. S. (2019). Pemanfaatan Teknologi Digital Sebagai Usaha Meningkatkan Kemampuan Kreatif Pekerja Desain Di Ikm Alas Kaki Melalui Kegiatan Perancangan Ragam Hias Upper Sepatu. Jurnal Desain Indonesia., 1(1), Article 1. https://doi.org/10.52265/jdi.v1i1.5
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SERENADE : Seminar on Research and Innovation of Art and Design
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.