Identitas Lokal Samarinda Dalam Kemasan Makanan Tradisional Sebagai Identitas Daerah
Keywords:
Ikon Khas Daerah, Makanan Tradisional, SamarindaAbstract
Samarinda adalah ibu kota provinsi Kalimantan Timur. Dengan ditetapkannya IKN (Ibu Kota Nusantara) di dekatnya, akan menjadikan Samarinda sebagai daerah tujuan dengan berbagai kepentingan. Sebagai daerah tujuan, pengunjung perlu sesuatu untuk oleh oleh sebagai cinderamata bukti pernah ke daerah tersebut. Untuk mewadahi oleh oleh tersebut diperlukan wadah untuk mewadahinya, yang biasa disebut kemasan. Sebagai oleh oleh khas daerah, kemasan tersebut diharapkan ada tampilan identitas lokal khas daerahnya, yang bisa membedakan dengan daerah lain, sehingga dengan melihatnya konsumen akan tahu dari mana produk tersebut berasal. Dari pengamatan di lapangan, kemasan makanan tradisional di Samarinda masih tertinggal desain, terutama dalam menampilkan identitas daerah dibanding daerah lainnya. Identitas yang ditampilkan masih identitas umum Kalimantan, belum spesifik Samarinda. Maka perlu penggalian data, identitas khas Samarinda apa yang layak akan diaplikasikan dalam kemasan. Penelitian ini menggunakan mixed method. Data awal diperoleh dari kuesioner selanjutnya didiskusikan lewat FGD yang melibatkan tenaga ahli di bidang sejarah, pariwisata dan desain. Hasil FGD selanjutnya dikualitatifkan dengan aplikasi NVivo untuk mengilustrasikan kerangka keputusan hasil analisis dengan mengkodekan data menurut skema klasifikasi yang memungkinkan identifikasi ikon ikon daerah yang akan diaplikasikan dalam kemasan, Hasilnya didapatkan ikon ikon khas Samarinda terpilih yang akan ditampilkan dalam kemasan. Kriteria ikon ikon yang dipilih merujuk peraturan dari Dinas Pariwisata Kota Samarinda. Sehingga kemasan makanan tradisional warisan khas memiliki identitas daerah yang secara tidak langsung bisa menjadi duta wilayah dalam memperkenalkan wilayahnya.
References
(KBBI), K. B. B. I. (2023). bahari. Retrieved from https://kbbi.web.id/bahari
Adhitya, F. (2017). PENGARUH DESAIN KEMASAN (PACKAGING) DAN HARGA PRODUK SEBAGAI STIMULUS IMPULSIVE BUYING (Studi Kasus Pada Komunitas Muslim Kelurahan Jatisari yang Pernah berbelanja di Indomart Mijen). STIE SEMARANG, 9(2), 15. Retrieved from http://jurnal3.stiesemarang.ac.id/index.php/jurnal/article/view/12
admin. (2021). Welcome to Samarinda City. Retrieved from https://dispar.samarindakota.go.id/#
Alizadeh, A. M., Masoomian, M., Shakooie, M., Zabihzadeh Khajavi, M., & Farhoodi, M. (2020). Trends and applications of intelligent packaging in dairy products: a review. Critical Reviews in Food Science and Nutrition, 62(2), 383-397. doi:10.1080/10408398.2020.1817847
Auld, G. W., Diker, A., Bock, M. A., Boushey, C. J., Bruhn, C. M., Cluskey, M., . . . Zaghloul, S. (2007). Development of a decision tree to determine appropriateness of NVivo in analyzing qualitative data sets. J Nutr Educ Behav, 39(1), 37-47. doi:10.1016/j.jneb.2006.09.006
Cai, N. N. (2012). On the Feasibility of Green Packaging from the Use of Bamboo. Advanced Materials Research, 591-593, 40-43. doi:10.4028/www.scientific.net/AMR.591-593.40
Fan, T., & Wang, H. (2022). Research of Chinese intangible cultural heritage knowledge graph construction and attribute value extraction with graph attention network. Information Processing & Management, 59(1). doi:10.1016/j.ipm.2021.102753
Hartanti, M., Nurviana, N., & Lukman, C. C. (2019). The Development of Tools for Designing the Local Characteristic Food Packaging Based on Digital Applications as an Attempt to Accelerate Education. Paper presented at the 3rd International Conference on Learning Innovation and Quality Education, Solo. https://www.atlantis-press.com/proceedings/icliqe-19/125933568
Hartanti, M., & Pradita, P. Y. (2021). Studi Komparatif Desain Kemasan Produk Makanan Oleh Oleh UMKM Jawa Barat. Bahasa Rupa, 5(1), 14. doi:https://doi.org/10.31598
Hidayanto, A. F., Hamat, B., & Dahuri, M. K. B. M. (2021, 23 Oktober 2021). A Trial Study on Samarinda Identity Element Extraction for The Development of Cake Packaging Design Paper presented at the 2021 International Conference on Applied Science and Technology (iCAST), Samarinda.
Hidayat, M. J., & Siwi, S. K. K. (2009). Mengungkap Medan Kreatifitas Dalam Budaya Visual Desain Kemasan UKM. Jurnal Acintya, 1, 16. doi:https://doi.org/10.33153/acy.v1i2.55
Hussain, S., Ali, S., Ibrahim, M., Noreen, A., & Ahmad, S. F. (2015). Impact of Product Packaging on Consumer Perception and Purchase Intention. Journal of Marketing and Consumer Research, 10, 10. doi:https://iiste.org/Journals/index.php/JMCR/article/view/21725
International, S.-B. (2023). Islamic Center Mosque. Experiences. Retrieved from https://www.swiss-belhotel.com/en-gb/swiss-belhotel-borneo-samarinda/experiences/islamic-center-mosque
Kao, J. C. M., Cui, Y. M., Ren, X. G., & Sung, W. P. (2016). The innovative application studty on eco-packaging design and materials. MATEC Web of Conferences, 63. doi:10.1051/matecconf/20166303002
Kaseng, A. (2019). Dijadikan Tempat Wisata dan Spot Selfie Jembatan Kembar Akan di Tutup. Kaltim. Retrieved from https://www.kaltimnews.co/posts/view/222/dijadikan-tempat-wisata-dan-spot-selfie-jembatan-kembar-akan-di-tutup.html
Kreatif, K. P. d. E. (2023). Logo Wonderful Indonesia. Logo. Retrieved from https://www.kemenparekraf.go.id/profil/logo/Logo-Wonderful-Indonesia
memederxp. (2016). Sarung Samarinda Etnis of Kalimantan Timur. Retrieved from https://www.redbubble.com/people/memederxp/works/43579328-sarung-samarinda-etnis-of-kalimantan-timur
Mukhtar, S., & Nurif, M. (2015). Peranan Packaging Dalam Meningkatkan Hasil Produksi Terhadap Konsumen. Jurnal Sosial Humaniora, 8, 11. doi:https://dx.doi.org/10.12962/j24433527.v8i2.1251
Muliawan, F. (2020). Citra Niaga, Citra Kota yang Puluhan Tahun Terlupa hingga Berhasil Dibangunkan Kembali oleh Kaum Muda. historia. Retrieved from https://kaltimkece.id/historia/citra-niaga-citra-kota-yang-puluhan-tahun-terlupa-hingga-berhasil-dibangunkan-kembali-oleh-kaum-muda
Undang-Undang RI No. 7 tahun 1996 tentang Pangan, (1996).
Nugraha, A. (2010). Transforming Tradition For Sustainability Through ‘TCUSM’ Tool. SYNNYT, 3, 17. Retrieved from https://research.aalto.fi/en/publications/transforming-tradition-for-sustainability-through-tcusm-method
Panggalih, D. (2023). Folklor Misteri Masjid Tertua di Samarinda. Hangout. Retrieved from https://www.inilah.com/folklor-misteri-masjid-tertua-di-samarinda
Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 24/M-IND/PER/2/2010 tentang Pencantuman Logo Tara Pangan dan Kode Daur Ulang Kemasan Plastik, (2010).
Rahayu, R. (2022). Anggrek Hitam, Tanaman Langka Maskot Flora Provinsi Kalimantan Timur. Family. Retrieved from https://kaltim.idntimes.com/life/family/riani-rahayu-3/anggrek-hitam-tanaman-langka-maskot-flora-provinsi-kalimantan-timur
Rahmi, I. P. (2019). Melepas Reputasi Kumuh Kampung Ketupat. Ragam. Retrieved from https://kaltimkece.id/warta/ragam/melepas-reputasi-kumuh-kampung-ketupat
Riani, A. L., & Widyamurti, N. (2018). Panduan Pendirian Usaha Pembuatan Desain Kemasan. Solo: Badan Ekonomi Kreatif dan Universitas Sebelas Maret.
Rina Rifayanti, G. K., Sri Roman Doni, Rulis Setiani, Three Putri Welha. (2017). Filosofi Sarung Tenun Samarinda Sebagai Simbol dan Identitas Ibu Kota Kalimantan Timur. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 6(6), 11. doi:http://dx.doi.org/10.30872/psikostudia.v6i2.2373
Samarinda, B. K. (2019). Logo Concept Magnificent Samarinda. Selayang pandang. Retrieved from https://samarindakota.go.id/laman/brand-magnificent
Samarinda, D. K. d. I. P. K. (2023). Makna Lambang. Retrieved from https://samarindakota.go.id/laman/makna-lambang
Samodro. (2018). Upaya Meningkatkan Daya Tarik Produk Makanan Dan Minuman Oleh-Oleh Di Tempat Destinasi Wisata Melalui Kajian Tanda Pada Desain Kemasan. Jurnal Widyakala, 5(8), 11. doi:DOI: https://doi.org/10.36262/widyakala.v5i1.102
Samsir, & Nurwati. (2018). Pelestarian Seni Budaya Melalui Home Industry Tenun Samarinda: Perspektif Sejarah Islam. el Buhuth: Borneo Journal of Islamic Studies, 1, 11. doi:https://doi.org/10.21093/el-buhuth.v1i1.1328
Scarpi, D., Pizzi, G., & Pichierri, M. (2018). Eating With Your Eyes: How Packaging Visual Cues Affect Content Estimation and Self-control in Virtue and Vice Food. Journal of International Food & Agribusiness Marketing, 31(2), 107-127. doi:10.1080/08974438.2018.1482586
Shen, C. C. (2014). A Study on Introduced Visual Design Elements Applied to the Product Packaging Design. Applied Mechanics and Materials, 496-500, 2630-2633. doi:10.4028/www.scientific.net/AMM.496-500.2630
Tambunan, S. R. (2016). Peran Kemasan Snack dalam Membangun Hubungan Emosional dengan Konsumen. Jurnal Pendidikan Ilmu Ilmu Sosial, 8(4), 8. doi:https://doi.org/10.24114/jupiis.v8i1.5113.g4532
WBTB, a. (2016). Sarung Tenun Samarinda. Retrieved from https://warisanbudaya.kemdikbud.go.id/?newdetail&detailTetap=401
Yong Min CUI1, X. G. R. (2016). The innovative application studty on ecopackaging design and materials. Paper presented at the 2016 International Conference on Mechatronics, Manufacturing and Materials Engineering (MMME 2016). Materials Science and Engineering retrieved from https://www.matec-conferences.org/articles/matecconf/abs/2016/26/matecconf_mmme2016_03002/matecconf_mmme2016_03002.html
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SERENADE : Seminar on Research and Innovation of Art and Design
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.