Pengembangan Desain Platform Skuter Listrik Menurut Antropometri Orang Indonesia

Authors

  • Yusuf Tegar Bagastira
  • Winta Adhitia Guspara
  • Marcellino Aditya Mahendra

Keywords:

Skuter Listrik, Rangka, Platform, Antropometri

Abstract

Skuter listrik adalah kendaraan mobilitas jarak dekat yang marak beredar di Indonesia dalam beberapa tahun ke belakang. Penyebaran tersebut dapat dilihat dengan maraknya tempat penyewaan skuter listrik yang sering ditemukan adalah di sekitar area wisata. Penelitian yang telah penulis lakukan menemukan bahwa pengendara skuter listrik mengalami rasa sakit pada bagian-bagian tertentu tubuhnya. Rasa sakit tersebut dialami karena dimensi platform rangka skuter listrik yang ada terlalu kecil untuk antropometri 50 persentil orang Indonesia. Terdapat juga kesenjangan antara permenhub No. 45 tahun 2020 tentang kendaraan tertentu dengan menggunakan penggerak motor listrik termasuk di dalamnya skuter listrik dengan skuter listrik yang disewakan di lapangan. Platform rangka skuter listrik memiliki potensi pengembangan lebih lanjut agar lebih nyaman saat digunakan. Pengembangan desain platform skuter listrik diperlukan agar skuter yang disewakan sesuai dengan antropometri persentil 50 orang Indonesia. Desain dikembangkan menggunakan bantuan antropometri agar skuter listrik nyaman saat digunakan bagi pengendara orang Indonesia. REBA, NBM dan observasi juga dilakukan untuk menemukan permasalahan pada platform skuter yang ada untuk kemudian dikembangkan menjadi konsep purwarupa. Artikel ini dibuat agar dapat menjadi referensi pengembangan desain skuter listrik yang lebih baik di masa yang akan datang

References

Anon. t.t.-a. “Antropometri Indonesia.” Diambil 20 Januari 2023 (https://antropometriindonesia.org/index.php/detail/artikel/4/10/data_antropometri).

Anon. t.t.-b. “Permenhub No. 45 Tahun 2020 tentang Kendaraan Tertentu dengan Menggunakan Penggerak Motor Listrik [JDIH BPK RI].” Diambil 17 November 2022 (https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/149469/permenhub-no-45-tahun-2020).

Cross, Nigel. 2021. Engineering Design Methods: Strategies for Product Design, 5th Edition | Wiley. 5 ed.

Guspara, Winta Adhitia. 2020. “Design Science: Approach to Build Design Thinking for Student.” International Journal of Creative and Arts Studies 7(1):19–31. doi: 10.24821/ijcas.v7i1.4166.

Middlesworth, Mark. 2012. “A Step-by-Step Guide to the REBA Assessment Tool.” ErgoPlus. Diambil 3 Desember 2022 (https://ergo-plus.com/reba-assessment-tool-guide/).

Pratama, Paoce, Hendy Tannady, Filscha Nurprihatin, Heksa Bekti Ariyono, dan Setyo Melany Sari. 2017. “Identifikasi Risiko Ergonomi dengan Metode Quick Exposure Check dan Nordic Body Map.” Jurnal PASTI (Penelitian dan Aplikasi Sistem dan Teknik Industri) 11.

Published

01-08-2023

How to Cite

Bagastira, Y. T., Guspara, W. A., & Mahendra, M. A. (2023). Pengembangan Desain Platform Skuter Listrik Menurut Antropometri Orang Indonesia. SERENADE : Seminar on Research and Innovation of Art and Design, 2(1), 335–342. Retrieved from https://serenade.ukdw.ac.id/index.php/serenade/article/view/86