Board Game: Keseimbangan Emosional Dan Mengurangi Stres Pada Karyawan Kantor
Keywords:
Board Game, Karyawan Kantor, Manajemen Stres, Interaksi Sosial, Produktivitas KerjaAbstract
Stres di tempat kerja telah menjadi masalah yang signifikan dalam kehidupan modern, dengan karyawan kantor menghadapi tekanan tinggi dan risiko kelelahan yang sering kali mengganggu keseimbangan emosional mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi potensi permainan board game sebagai alat yang efektif untuk meredakan stres dan membangun keseimbangan emosional karyawan kantor. Studi ini menggunakan metodologi desain thinking guna mengumpulkan data dan merumuskan solusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan board game dapat mengurangi tingkat stres dan memberikan manfaat yang signifikan bagi keseimbangan emosional karyawan. Permainan board game menyediakan lingkungan yang santai dan menyenangkan di luar konteks kerja yang memungkinkan karyawan untuk melepaskan diri dari tekanan sehari-hari. Interaksi sosial yang terjadi selama permainan board game juga memainkan peran penting dalam mengurangi stres, dengan memungkinkan karyawan untuk saling berinteraksi, berbagi cerita, dan tertawa bersama. Permainan board game juga membantu karyawan mengembangkan keterampilan pengaturan emosi dan strategi. Karyawan belajar menghadapi tantangan dan mengelola emosi mereka saat bermain game, yang dapat membantu mereka mengatasi konflik dan mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang diri mereka sendiri. Penelitian ini menunjukkan bahwa permainan board game memiliki potensi yang besar dalam meredakan stres dan membangun keseimbangan emosional karyawan kantor. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah pentingnya mempertimbangkan penggunaan permainan board game sebagai bagian dari program manajemen stres di tempat kerja untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan secara keseluruhan.
References
Azizah, N. (2020, July 28). Orang Dewasa Juga Butuh Bermain Biar Tetap Sehat Mental. Retrieved from Trto.id: https://tirto.id/orang-dewasa-juga-butuh-bermain-biar-tetap-sehat-mental-fUax
Liu, Z. (2017). P-Lax: Toys for Adult, to Play and Relax. United States: Rhode School of Design.
Heljakka, K. (2015). Toys as Tools for Skill-building and Creativity in Adukt Life. Journal Oslomet, 38.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SERENADE : Seminar on Research and Innovation of Art and Design
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.