Redesain Media Pembelajaran Mengenal Bentuk Dan Warna Untuk Anak Autisme
Keywords:
Anak Autisme, Media Pembelajaran, Bentuk, WarnaAbstract
Autisme merupakan jenis penyakit gangguan perkembangan fungsi otak yang dapat terjadi pada kalangan anak-anak. Direktur jenderal kesehatan masyarakat Indonesia menyatakan jumlah penderita autisme mengalami peningkatan 500 orang tiap tahunnya di Indonesia. Usia 4-6 tahun merupakan usia golden period atau masa keemasan anak dikarenakan proses tumbuh kembang berlangsung dengan cepat. Anak autisme yang mengalami hambatan dalam usia golden period dikarenakan ketidaknormalan yang terjadi di dalam fungsi otak. Hal ini mengganggu kemampuan fokus serta motorik anak. Produk ini dirancang menyesuaikan kebutuhan anak autisme dalam proses terapi yang dimana memerlukan perhatian khusus yang berbeda dengan anak normal lainnya. Metode penelitian yang digunakan yaitu mix method atau yang disebut penggabungan metode kuantitatif dan kualitatif. Analisis yang digunakan yaitu analisis habit atau perilaku. Konsep yang digunakan dalam media pembelajaran mengenal bentuk dan warna ini adalah therapy learning level, dimana anak autisme mendapatkan terapi mengenal bentuk dan warna secara bertahap sesuai dengan tingkatan intelegensi anak autisme. Hasil penelitian ini adalah produk media pembelajaran mengenal bentuk dan warna yang dirancang sesuai tingkatan terapi yaitu level 1, level 2, level 3 dimana sistem yang digunakan yaitu bongkar pasang sesuai dengan kebutuhan tingkatan terapi.
References
Arikunto. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Carlos, Neil. R. (2011). Foundations of behavioral neuroscience. Allyn & Bacon.
Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif (36th ed.). PT Remaja Rosdakarya Offset.
Muniroh, S. M. (2010). Dinamika Resiliensi Orang Tua Anak Autis. Jurnal Penelitian, 7, 1–11.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SERENADE : Seminar on Research and Innovation of Art and Design
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.