Perancangan Konsep Smartphone Dengan Material Squishy
Keywords:
Desain, Smartphone, SquishyAbstract
Era kontemporer telah membuat kemajuan yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam pengembangan smartphone, hal tersebut telah menjadi semakin rumit dan beragam, baik dalam struktur maupun penerapan teknologi mutakhir. Mengingat kemajuan ini, penelitian dilakukan dengan desain model smartphone baru dan inovatif. Penelitian ini memberikan laporan tentang proses desain “Squishy Smartphone,” yang bertujuan untuk menciptakan smartphone yang mudah dibentuk, tahan lama, ringan, kuat, dan dapat dengan mudah diperas. Smartphone Squishy ini terdiri dari bahan fleksibel yang dikenal sebagai “Squishy,” yang memungkinkannya menunjukkan fleksibilitas. Selain itu, penerapan teknologi canggih, seperti sensor dan layar hologram, semakin meningkatkan kemampuannya, sementara penggunaan sumber energi ramah lingkungan, seperti panel surya dan listrik, membuatnya lebih berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder, dan metode penelitian bersifat kuantitatif. Untuk mengumpulkan data kuantitatif, penelitian ini membagikan kuesioner kepada 50 responden. Desain Smartphone Squishy dibuat menggunakan sketsa gambar manual dan aplikasi Sketchup. Penelitian ini akan menghasilkan gambar teknik dan gambar presentasi dari desain Smartphone Squishy.
References
Badan POM. “Plastik Sebagai Kemasan Pangan” (http://ik.pom.go.id/v2016/artikel/Plastiksebagaikemasanpangan.pdf,
Bahalwan, H. Riefya, A.F. 2022. “Desain Permainan Berbasis Karpet Sensoris Untuk Menstimulasi Perkembangan Motorik Halus Pada Balita” Narada : Jurnal Desain dan Seni. Vol. 9. No. 1. https://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/narada/article/view/14598. http://dx.doi.org/10.22441/narada.2022.v9.i1.007
Daeng, Intan Trivena Maria, dkk. 2017. “Penggunaan Smartphone Dalam Menunjang Aktivitas Perkuliahan Oleh Mahasiswa Fispol Unsrat Manado”. E-journal Acta Diurna Volume VI. No. 1.
Efendi, Ilham. 2018. “Pengertian Augmented Reality AR”. URL: https://www.it- jurnal.com/pengertian-augmented-realityar/
Ferix. 2021. “Bahan Karet dan Pengertian”. URL: https://www.scribd.com/document/329836416/Bahan-Karet-Dan- Pengertian
Himatepa. 2020. “Ragam dan Manfaat Teknologi Sensor di Bidang Teknologi Pertanian”. URL: http://agritech.unhas.ac.id/kmdtpuh/ragam-dan- manfaat-teknologi-sensor-di-bidang-teknologi-pertanian
Julisman. “Prototipe Pemanfaatan Panel Surya Sebagai Sumber Energi Pada Sistem Otomasi Atap Stadion Bola”. Kitektro: Jurnal Online Teknik Elektro Vol.2 No.1 2017, URL: http://e- repository.unsyiah.ac.id/kitektro/article/view/6756
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SERENADE : Seminar on Research and Innovation of Art and Design
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.