Implementasi Generative Method pada Pengembangan Desain Kemasan Bakpia Khas Yogyakarta
Keywords:
Desain Kemasan, Bakpia, Khas Yogyakarta, Generative MethodsAbstract
Bakpia merupakan salah satu makanan yang banyak dikembangkan di Yogyakarta. Selama beberapa tahun variasi pengembangan bakpia terus bertambah, baik dari segi variasi rasa, olahan, dan juga mereknya. Analisis desain kemasan bakpia khas Yogyakarta dilakukan pada penelitian ini. Hasil analisis observasi kemasan bakpia yang ada dinilai sudah banyak yang memiliki ciri khas Yogyakarta namun bentuk dan desain dari kemasan tersebut dinilai terlalu umum, sulit dibedakan antara merek, serta masih memiliki desain yang monoton, karena itu penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengembangan kemasan bakpia yang tidak monoton serta memiliki citra khas Yogyakarta. Metode observasi, studi literatur, dan generative methods digunakan dalam pengembangan ide kemasan bakpia. Pada tulisan ini akan menawarkan konsep ide pengembangan desain kemasan bakpia dengan menerapkan konsep pemikiran generative methods sehingga terdapat konsep semantika pada kemasan. Hasil akhir dari penelitian ini ditemukan konsep fresh from the oven yang akan mengkomunikasikan bakpia Yogyakarta yang selalu baru.
References
Athavankar, U. (2009). From Product Semantics To Generative Methods. International association of societies design research Iasdr.
Cenadi, C. S. (2000). Peranan Desain Kemasan Dalam Dunia Pemasaran. Nirmana, 2(2), 92–103. Retrieved from http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/dkv/a rticle/view/16056
Hariyanto, C., Elisabeth C. Yuwono, dan Vanessa Y. (2020). Perancangan Promosi Pia Bayiku Sebagai Oleh-oleh Khas Semarang. Jurnal DKV Adiwarna, Vo1, No 16. Retrieved from https://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/issue/view/420/showToc
Karja. (2019). Menilik Sejarah Bakpia Pathok, Oleh-oleh Khas Yogyakarta. Retrieved from https://kumparan.com/karjaid/menilik-sejarah-bakpia-pathok-oleh-oleh-khas-yogyakarta-1rQkcS4KiVk
Listiyani, Ursula Kurnia. (2012). Strategi Brand Building pada Usaha Kecil Menengah (UKM) di Yogyakarta (Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Brand Building pada Bakpiapia Djogja dalam Membentuk Awarness Konsumen). Skripsi, UAJY.
Putranti, Mardikaningsih Catur. (2012). Strategi Promosi Bakpiapia Djogdja Dalam Menarik Minat Konsumen. Skripsi, Universitas Muhhamadiyah Yogyakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SERENADE : Seminar on Research and Innovation of Art and Design
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.