Inovasi Desain Produk Dengan Terinspirasi Oleh Karya Christopher Dresser Menggunakan Metode Scamper

Authors

  • Felicia Ashley Hariono
  • Devanny Gumulya

Keywords:

Inovasi Desain Produk, Sejarah, Metode Scamper

Abstract

Inovasi desain produk memiliki peran yang penting dalam pengembangan industri kreatif. Dalam upaya
menciptakan produk yang memiliki keunikan dan inovasi, inspirasi dari karya-karya desainer sebelumnya
menjadi sumber yang berharga.Salah satu desainer yang memiliki pengaruh besar dalam dunia desain
adalah Christopher Dresser. Christopher Dresser atau Bapak Desain Industri merupakan salah satu desainer
revolusioner yang ada pada abad 19. Dresser sangat dipengaruhi oleh budaya barat dan non-barat seperti
gaya japonisme. Keunikan Dresser terletak pada penggabungan gaya industrial Inggris dengan
kesederhanaan dan keindahan karya seni Jepang. Dalam penelitian ini, kami bertujuan untuk
mengeksplorasi potensi inovasi desain produk dengan mengambil inspirasi dari karya-karya Christopher
Dresser menggunakan metode SCAMPER melalui research through design. Metode SCAMPER adalah
pendekatan kreatif yang memungkinkan eksplorasi ide-ide baru dengan mempertanyakan dan memodifikasi
aspek-aspek yang ada. Melalui analisis karya-karya Christopher Dresser, elemen-elemen desain Christopher
Dress yang khas diidentifikasi. Selanjutnya, metode SCAMPER diterapkan untuk menghasilkan
konsep-konsep inovatif dalam desain produk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan mengadopsi
inspirasi dari karya-karya Christopher Dresser dan menerapkan metode SCAMPER, desainer dapat
menciptakan produk-produk yang unik, kreatif, dan sesuai dengan kebutuhan pengguna saat ini. Penelitian
ini memberikan kontribusi dalam pengembangan desain produk dengan pendekatan yang kreatif dan
menghargai warisan seni dari Christopher Dresser. Selain itu, penelitian ini juga memberikan wawasan
tentang proses inovasi desain produk dengan memadukan inspirasi dari masa lalu dengan unsur
kontemporer.

References

"Approach.” Turkish Psychological Counseling & Guidance Journal, vol 4(35), pp. 1-7, 2011.

Boonpracha, J. (2023). SCAMPER for creativity of students’ creative idea creation in product design. Thinking Skills and Creativity, 48, 101282.

Chakrabarti, A. (2006). Defining and supporting design creativity. In DS 36: Proceedings DESIGN 2006, the 9th International Design Conference, Dubrovnik, Croatia (pp. 479-486)

Corning Museum of Glass. (n.d.). Clutha. https://www.cmog.org/artwork/clutha-0

Country Life. (2015, June 30). The Genius of Christopher Dresser. https://www.countrylife.co.uk/luxury/art-and-antiques-genius-christopher-dresser-61711

Eberle, B. (1997). Scamper on: More creative games and activities for imagination development. Texas: Prufork prees INC, 1997.

Gladding, T.(2011). “Using Creativity and the Creative Arts in Counseling: An International

Gumulya, D. (2020). Desain Produk Dengan Inspirasi Art Deco Eropa Era Tahun 1920 Dengan Pendekatan Chart Morfologi. Jurnal Patra, 2(2), 1-10.

Halén, Widar. (1990).Christopher Dresser. Oxford: Phaidon-Christie's, 1990.

James Miles Ltd. (n.d.). Christopher Dresser for the Art Furnishers Alliance, Pair of Chairs, c.1879. https://www.jamesmilesltd.com/antique/1398/christopher-dresser-for-the-art- furnishers-alliance-pair-of-chairc-c1879

Jones, Owen. & Bedford, Francis. (1856). The grammar of ornament. London : Day and Son

Martindale, C., Moore, K., & West, A. (1988). Relationship of preference judgments to typicality, novelty, and mere exposure. Empirical Studies of the Arts, 6(1), 79-96.

Metropolitan Museum of Art. (n.d.). Wave Bowl. https://www.metmuseum.org/art/collection/search/210899

Minneapolis Institute of Art. (n.d.). Clutha Vase, Christopher Dresser. https://collections.artsmia.org/art/4195/clutha-vase-christopher-dresser

Metropolitan Museum of Art. (n.d.). Clutha Vase.

https://www.metmuseum.org/art/collection/search/660597

Museum, V. a. A. (n.d.). Teapot | Dresser, Christopher | V&A Explore The Collections. Victoria and Albert Museum: Explore the Collections. https://collections.vam.ac.uk/item/O78328/teapot-dresser-christopher/

Null, R. (Ed.). (2013). Universal design: Principles and models. CRC Press.

Oshinsky, Sara J. (2006). “Christopher Dresser (1834–1904).” In Heilbrunn Timeline of Art History. New York: The Metropolitan Museum of Art, 2000–. http://www.metmuseum.org/toah/hd/cdrs/hd_cdrs.htm/

Princessehof National Museum of Ceramics. (n.d.). Wave Bowl. https://princessehof.nl/en/collection/top-pieces/wave-bowl

Stappers, P. J., & Giaccardi, E. (2019). Research through design. In M. Soegaard & R. Friis- Dam (Eds.), The encyclopedia of human-computer interaction (2nd ed.). Copenhagen, Denmark: Interaction Design Foundation.

Victoria & albert Museum. (2020.). V&A · Madeleine Vionnet – an introduction. Victoria and Albert Museum. https://www.vam.ac.uk/articles/madeleine-vionnet-an-introduction

V. Chulvi, E. Mulet, A. Chakrabarti, B. Mesa, & C. González-Cruz. “Comparison of the degree of creativity in the design outcomes using different design methods.” Journal of Engineering Design, vol. 23(4), pp. 241-269, 2012.

Whiteway, Michael. (2004). Shock of the Old: Christopher Dresser's Design Revolution. Exhibition catalogue. London: V&A Publications, 2004.

Tateishi. “Impact of group collaboration on the improvement of individual creative thinking ability.” Unpublished Doctoral Dissertation. Brigham Young University, US, 2011

William, S. Rodner , & John T. Carpenter. (2011). Edwardian London Through Japanese Eyes : The Art and Writings of Yoshio Markino, 1897–1915, p. 1

"

Published

01-08-2023

How to Cite

Hariono, F. A. ., & Gumulya, D. . (2023). Inovasi Desain Produk Dengan Terinspirasi Oleh Karya Christopher Dresser Menggunakan Metode Scamper. SERENADE : Seminar on Research and Innovation of Art and Design, 2(1), 137–153. Retrieved from http://serenade.ukdw.ac.id/index.php/serenade/article/view/62