Inovasi Desain Produk Terinspirasi oleh Karya Desainer Era Arts and Crafts: William Morris (1861-1896) dengan Menggunakan Metode Scamper

Authors

  • Leticia Seraphine Nathanael
  • Devanny Gumulya

Keywords:

Desain Produk, Metode Scamper, Inovasi Desain Produk

Abstract

Inovasi desain produk merupakan aspek penting dalam pengembangan industri kreatif. Dalam hal ini, karya-karya desainer terdahulu dapat menjadi sumber inspirasi yang berharga. Salah satu desainer yang sangat berpengaruh dalam era Arts and Crafts adalah William Morris (1861-1896). William Morris mengembalikan tradisi craftsmanship yang hilang di era revolusi industri pertama melalui produk yang memiliki detail yang tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali potensi inovasi desain produk dengan mengambil inspirasi dari karya-karya William Morris menggunakan metode SCAMPER. Metode SCAMPER adalah sebuah pendekatan kreatif yang memungkinkan eksplorasi ide-ide baru dengan mempertanyakan dan memodifikasi aspek-aspek yang ada. Dalam penelitian ini, dilakukan analisis terhadap karya-karya William Morris, dari hasil analisis ditemukan bahwa keunikan Morris adalah menggunakan tumbuhan local Inggris sebagai inspirasi utama. Setelah dilakukan analisis maka dilakukan penerapan metode SCAMPER untuk menghasilkan konsep-konsep inovatif dalam desain produk. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan mengadopsi inspirasi dari karya-karya William Morris dan menerapkan metode SCAMPER, desainer dapat menciptakan produk-produk yang unik, berbeda, di saat yang bersamaan tetap relevan dengan kebutuhan masyarakat saat ini. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan desain produk dengan pendekatan yang kreatif dan berorientasi pada nilai-nilai estetika dan kerajinan tinggi yang diusung oleh William Morris. Selain itu, penelitian ini juga memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang proses inovasi desain produk dengan memanfaatkan warisan budaya dan seni dari masa lampau.

References

Booth, Mike & dkk. (2015). Political Theory: John Ruskin. Retrieved from https://www.youtube.com/watch?v=x40l1ov8hfA.

Boonpracha, J. (2023). SCAMPER for creativity of students’ creative idea creation in product design. Thinking Skills and Creativity, 48, 101282.

Gumulya, D. (2020). Desain Produk Dengan Inspirasi Art Deco Eropa Era Tahun 1920 Dengan Pendekatan Chart Morfologi. Jurnal Patra, 2(2), 1-10.

Kamis A, Widihastuti, Kob CGC, Hustvedt G, Saad NM, Jamaluddin R, Bujeng B. (2020). The effectiveness of SCAMPER techniques on creative thinking skills among fashion design vocational college. Eurasia J Biosci 14, 4109-4117.

Lawson, Dennis & dkk. (2010). The Genius of

Design: Ghost in the Machine. Retrieved from https://www.youtube.com/watch?v=NkQXUKQYrsQ.

MacCarthy, Fiona (1994). William Morris: A Life for Our Time. London: Faber & Faber.

Mackail, J. W. (1901) The Life of William Morris : Volume one. London, New York, and Bombay : Longmans, Green & Co.

Mason, Anna. (2021). William Morris. London : Victoria and Albert Museum.

McConnell, Anita (2004). Jordan, Thomas Brown (1807–1890). Oxford Dictionary of National Biography. Oxford University Press. doi:10.1093/ref:odnb/15123.

Miller, Christine, Laura Cruz, & Jacob Kelley. (2021). Outside the Box : Promoting Creative Problem-Solving from the Classroom to the Boardroom. Journal of Effective Teaching in Higher Education, Vol. 4, No. 1, 5.

Mohajan, Haradhan. (2019). The First Industrial Revolution: Creation of a New Global Human Era. Journal of Social Sciences and Humanities , Vol. 5, No. 4.

Petts, Jeffry. (2008). Good Work and Aesthetic Education: William Morris, the Arts and Crafts Movement, and Beyond. Journal of Aesthetic Education, Vol. 42, No. 1.

Polyzoidou, Stella. (2021). 9 Times The History of Art Inspired Fashion Designers. Retrieved from https://www.thecollector.com/9-art-history-inspired-fashion-designers/.

Triggs, Oscar Lovell. (2009). Arts & Crafts Movement (Art of Century). New York : Parkstone Press.

Winckelmann, Johann Joachim. (2003). Reflections on the Painting and Sculpture of the Greeks. Oxfordshire: Routledge/Thoemmes Press.

Published

01-08-2023

How to Cite

Nathanael, L. S. ., & Gumulya, D. . (2023). Inovasi Desain Produk Terinspirasi oleh Karya Desainer Era Arts and Crafts: William Morris (1861-1896) dengan Menggunakan Metode Scamper. SERENADE : Seminar on Research and Innovation of Art and Design, 2(1), 120–136. Retrieved from https://serenade.ukdw.ac.id/index.php/serenade/article/view/61