Inovasi Desain Produk dengan Inspirasi Gaya Desain Industri “Functionalism” di Era Abad ke-20 Menggunakan Metode Scamper dan Pendekatan Research Through Design
Keywords:
Desain, Produk, Desain Produk, Metode Scamper, ScamperAbstract
Metode SCAMPER adalah teknik kreativitas yang digunakan untuk memperluas dan memperkaya ide dengan mengubah aspek atau bagian yang ada pada ide sebelumnya. Pendekatan Research through Design adalah gabungan antara desain dan metode penelitian untuk memecahkan masalah yang kompleks. Karya sejarah memiliki nilai budaya dan estetika yang kuat, sehingga dapat menjadi sumber inspirasi berharga dalam merancang produk yang unik dan berbeda. Dalam sejarah, gaya desain functionalism muncul pada awal abad ke-20 sebagai reaksi terhadap gaya desain sebelumnya yang lebih menekankan dekorasi dan ornamen. Prinsip functionalism adalah keindahan harus disesuaikan dengan fungsi dan kegunaan praktis suatu benda atau bangunan. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis dokumentasi literatur sebagai metode pengumpulan data dan research through design. Hasil proses desain menunjukkan bahwa penerapan metode SCAMPER secara efektif memicu pemikiran kreatif dan menghasilkan ide-ide inovatif dalam merancang produk berbasis karya sejarah. Langkah-langkah SCAMPER, seperti mengganti, menggabungkan, mengadaptasi, dan memodifikasi, membantu desainer melihat karya sejarah dari perspektif baru dan mengembangkannya menjadi produk menarik dan relevan dengan kebutuhan pasar saat ini. Hasil riset dari konsep berpikir dan metode SCAMPER dalam jurnal ini menghasilkan 10 ide desain produk baru. Fokus jurnal ini adalah pada gaya desain functionalism yang dikembangkan oleh desainer ternama Jerman, Dieter Rams.
References
"Boonpracha, J. (2023). SCAMPER for creativity
of students’ creative idea creation in product design. Thinking Skills and Creativity, 48, 101282.
Domingo, M. G. (2021). Dieter Rams: 10 Timeless Commandments for Good Design | IxDF. https://www.interaction-design.org/literature/article/dieter-rams-10-timeless-commandments-for-good-design
Gumulya, D. (2020). Desain Produk Dengan Inspirasi Art Deco Eropa Era Tahun 1920 Dengan Pendekatan Chart Morfologi. Jurnal Patra, 2(2), 1–10. https://doi.org/10.35886/patra.v2i2.114
Gumulya, D. (2021). Perancangan Furniture Design Dari Inspirasi Gaya Desain Sezessionstil Dengan Metode “Product Gist.” Jurnal Patra, 3(2), 95–105. https://doi.org/10.35886/patra.v3i2.231
Kusuma, P. T. H. (2022). Revolusi Industri: Sejarah dan Perkembangan Revolusi Industri 1.0 hingga 4.0. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6438001/revolusi-industri-sejarah-dan-perkembangan-revolusi-industri-10-hingga-40
Lange, A. (2018). What We’ve Learned from Dieter Rams, and What We’ve Ignored. The New Yorker. https://www.newyorker.com/culture/cultural-comment/what-weve-learned-from-dieter-rams-and-what-weve-ignored
Lovell, S. (2016). Dieter Rams’ modular designs open a world of possibilities at the Vitra Schaudepot. Wallpaper* Magazine. https://www.wallpaper.com/design/dieter-rams-modular-world-exhibition-vitra-design-museum
Rams, D. (2014). Less, but better (5. Auflage). Gestalten. https://www.worldcat.org/oclc/876007102
Rams, D., Ueki-Polet, K., Klemp, K., Santorī Myūjiamu, T., Fuchū-shi Bijutsukan., Design Museum (London, E., MAK Frankfurt., San Francisco Museum of Modern Art., サントリーミュージアム天保山., & 府中市美術館. (2011). Less and more : the design ethos of Dieter Rams. 807.
Samuel, J. (2020). Contoh dan Penerapan SCAMPER Method – School of Information Systems. https://sis.binus.ac.id/2020/07/28/contoh-dan-penerapan-scamper-method/
Stappers, P. J., & Giaccardi, E. (2019). Research through Design | The Encyclopedia of Human-Computer Interaction, 2nd Ed. https://www.interaction-design.org/literature/book/the-encyclopedia-of-human-computer-interaction-2nd-ed/research-through-design
What is “Good” Design? A quick look at Dieter Rams’ Ten Principles. (n.d.). Design Museum. Retrieved May 22, 2023, from https://designmuseum.org/discover-design/all-stories/what-is-good-design-a-quick-look-at-dieter-rams-ten-principles#:~:text=He was strongly influenced by,products company Braun in 1955.&text=During his 40 years at,products as chief of design.
"
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SERENADE : Seminar on Research and Innovation of Art and Design
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.