Inovasi Produk Berbasis Karya Desain Bersejarah Menggunakan Metode Scamper

Authors

  • Elizabeth Grace Setiawan
  • Devanny Gumulya

Keywords:

Desain, Produk, Sejarah, Metode Scamper

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi penerapan metode SCAMPER dalam inovasi produk berbasis karya sejarah. Karya sejarah memiliki nilai budaya dan estetika yang kuat, sehingga dapat menjadi sumber inspirasi yang berharga dalam merancang produk yang unik dan berbeda. Metode SCAMPER digunakan sebagai kerangka kerja untuk mendorong pemikiran kreatif dan melahirkan ide-ide inovatif dalam proses desain produk. Karya sejarah yang diangkat dalam paper ini adalah karya dari William Morris dari era Arts and Crafts Movement yang merupakan sebuah gerakan yang ingin mengembalikan craftmanship dan penggunaan teknik tradisional di era revolusi industri. William Morris merupakan salah satu desainer yang berpengaruh dalam gerakan ini. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melibatkan analisis dokumentasi literatur sebagai metode pengumpulan data dan riset melalui perancangan Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode SCAMPER dapat secara efektif memicu pemikiran kreatif dan menghasilkan ide-ide inovatif dalam merancang produk berbasis karya sejarah. Langkah-langkah SCAMPER seperti mengganti, menggabungkan, mengadaptasi, dan memodifikasi membantu desainer untuk melihat karya sejarah dari perspektif baru dan mengembangkannya menjadi produk-produk yang menarik dan relevan dengan kebutuhan pasar saat ini.

References

. (n.d.). Arts and crafts: An introduction · V&A. Victoria and Albert Museum. Retrieved April 24, 2023, from https://www.vam.ac.uk/articles/arts-and-crafts-an- introduction#:~:text=The%20birth%20of%20the%20Arts,on%20how%20things%20were%20m ade.

. (n.d.). Introducing William Morris · V&A. Victoria and Albert Museum. Retrieved April 23, 2023, from https://www.vam.ac.uk/articles/introducing-william-morris

. (n.d.).William Morris textiles · V&A. Victoria and Albert Museum. Retrieved April 16, 2023, from https://www.vam.ac.uk/articles/willam-morris- textiles#:~:text=Embroidery%20was%20the%20first%20textile,since%20he%20was%20a%20b oy.

Boonpracha, J. (2023). SCAMPER for creativity of students’ creative idea creation in product design. Thinking Skills and Creativity, 48, 101282.

Clericuzio, P. (2017, February 25). The Arts & Crafts Movement Overview. The Art Story. Retrieved April 17, 2023, from https://www.theartstory.org/movement/arts-and-crafts/

Draper, M. (2020, December 5). The arts and crafts movement. ArcGIS StoryMaps. Retrieved April 30, 2023, from https://storymaps.arcgis.com/stories/e5e43262d8944f969306365f7867bc88

Gumulya, D. (2020). Desain Produk Dengan Inspirasi Art Deco Eropa Era Tahun 1920 Dengan Pendekatan Chart Morfologi. Jurnal Patra, 2(2), 1-10.

Jaroslaw. (2014, March 14). How dieter rams inspired some Apple products. UltraLinx.

Retrieved April 24, 2023, from https://theultralinx.com/2014/03/dieter-rams-inspired-apple- products/

Kent, J. (2018, October 4). William Morris Art, bio, ideas. The Art Story. Retrieved April 17, 2023, from https://www.theartstory.org/artist/morris-william/

Serrat, O. (2017). (PDF) the Scamper Technique - Researchgate. Retrieved May 4, 2023, from https://www.researchgate.net/publication/318018918_The_SCAMPER_Technique

Taggart, E. (2022, August 25). Meet William Morris: The most celebrated designer of the Arts & Crafts Movement. My Modern Met. Retrieved April 20, 2023, from https://mymodernmet.com/arts-and-crafts-movement-william- morris/#The_Arts_and_Crafts_Movement

Wikipedia contributors. (2023, May 1). Arts and Crafts movement. In Wikipedia, The Free Encyclopedia. Retrieved 22:34, May 2, 2023,

from https://en.wikipedia.org/w/index.php?title=Arts_and_Crafts_movement&oldid=115265 3554

Wikipedia contributors. (2023, April 11). Red House, Bexleyheath. In Wikipedia, The Free Encyclopedia. Retrieved 22:43, April 24, 2023,

from https://en.wikipedia.org/w/index.php?title=Red_House,_Bexleyheath&oldid=114927737 5

Wikipedia contributors. (2023, February 8). Apple Inc. design motifs. In Wikipedia, The Free Encyclopedia. Retrieved 22:58, April 24, 2023,

From https://en.wikipedia.org/w/index.php?title=Apple_Inc._design

Published

01-08-2023

How to Cite

Setiawan, E. G., & Gumulya, D. . (2023). Inovasi Produk Berbasis Karya Desain Bersejarah Menggunakan Metode Scamper . SERENADE : Seminar on Research and Innovation of Art and Design, 2(1), 94–105. Retrieved from https://serenade.ukdw.ac.id/index.php/serenade/article/view/58