Perancangan Produk Lighting Dari Material Bambu Dengan Teknik Coiling

Authors

  • Siti Padila Nurfauziah
  • M. Djalu Djatmiko
  • Agung Pramudya W.

Keywords:

Lighting, Coiling, Minimalis

Abstract

Bambu merupakan material alternatif dari kayu yang banyak digunakan untuk pembuatan produk furniture dan home decor. Terdapat berbagai teknik pengolahan bambu salah satunya adalah teknik coiling. Teknik coiling merupakan teknik pengolahan bambu dengan cara melilitkan, teknik ini mampu menonjolkan kejujuran material bambu. Tekstur dan warna bambu erat kaitannya dengan gaya desain minimalis. Penelitian ini meneliti bagaimana menciptakan efek maksimal dari elemen yang sederhana dalam mendesain sebuah produk lighting. Metode yang digunakan adalah design thinking method stanford. Keluaran dari penelitian ini yaitu pemanfaatan teknik coiling untuk produk lighting. Pengembangan desain ini bertujuan menciptakan sebuah produk home decor berupa single pendant lamp sehingga hasil penelitian ini dapat bersaing di pasaran.

References

(PENGEMBANGAN DESAIN LAMPU BAMBU UNTUK SEGMENTASI PASAR JEPANG DENGAN FLEKSIBILITAS CAHAYA DAN GESTURE CONTROL.Pdf, n.d.)

(EKSPLORASI BAMBU SEBAGAI DESAIN HOME LIGHTING UNTUK MEMENUHI SELERA PASAR EKSPOR DI. CV ESTETIKA INDONESIA.Pdf, n.d.)

(EKSPLORASI TEKNIK MEMBUAT RAGAM, FINISHING, DAN JOINING BAMBU SEBAGAI KOMBINASI MATERIAL PRODUK TAS WANITA.Pdf, n.d.)

(PENGEMBANGAN BAMBU UNTUK MENDORONG PEREKONOMIAN MASYARAKAT DESA.Pdf, n.d.)

(PENGOLAHAN MATERIAL BAMBU DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK LAMINASI DAN BENDING UNTUK PRODUK FURNITURE.Pdf, n.d.)

(KARAKTERISTIK PENCAHAYAAN.Pdf, n.d.)

Published

01-08-2023

How to Cite

Siti Padila Nurfauziah, M. Djalu Djatmiko, & Agung Pramudya W. (2023). Perancangan Produk Lighting Dari Material Bambu Dengan Teknik Coiling. SERENADE : Seminar on Research and Innovation of Art and Design, 2(1), 88–93. Retrieved from http://serenade.ukdw.ac.id/index.php/serenade/article/view/57