Perancangan Outerwear Pantai Dengan Teknik Rajut

Authors

  • Windy Nurwindiandini
  • Edi Setiadi P.
  • Dedy Ismail

Keywords:

Outerwear pantai, Produk Fashion, Teknik Rajut

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan produk dengan metode design thinking untuk memperoleh hasil perancangan sebuah produk fashion berupa outerwear atau pakaian luaran, yang dibuat dengan teknik rajut dan tentunya nyaman saat digunakan dalam berkegiatan di sekitar pantai. Wilayah Bali secara umum beriklim laut tropis yang dipengaruhi oleh angin musim. Terdapat musim kemarau dan musim hujan yang diselingi oleh musim pancaroba. Pada bulan Juni hingga September arus angin berasal dari Australia dan tidak banyak mengandung uap air, sehingga mengakibatkan musim kemarau, sehingga produk ini dirancang agar pengguna tidak perlu memakai banyak pakaian saat akan melakukan beberapa kegiatan di sekitar pantai. dan tetap merasa nyaman memakai produk ini, dan tentunya juga tetap bisa sopan dan menghargai budaya di indonesia dengan memakai pakaian lebih tertutup saat berjalan di sekitar pantai. Peneliti menggunakan metode pendekatan design thinking yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu empathize, define, ideate, prototype, dan test. Peneliti melakukan tahapan observasi, wawancara, dan mengidentifikasi kebiasaan berpakaian pengunjung yang ada di lingkungan pantai sanur, kuta, dan seminyak yang berlokasi di Bali, lalu setelah melakukan pendekatan peneliti memutuskan untuk menggunakan teknik rajut untuk membuat produk dengan pola rajut yang ditentukan dan disesuaikan dengan kondisi lingkungan dan nilai keindahan desain. Pengembangan produk ini bertujuan untuk mempermudah pengguna produk dengan memakai satu outfit dalam beberapa kegiatan yang dilakukan saat berlibur ke pantai, menghargai dan menghormati lingkungan dengan berpakaian selayaknya, dan membuat pengguna lebih fashionable dengan outerwear rajut yang sedang menjadi trend.

References

Brown, Carol. (2013) Knitwear Design.ISSN : 2355-9349 e-Proceeding of Art & Design : Vol.4, No.3 Desember 2017 | Page 1185

Merchant, Nancy. (2009) Knitting Brioche: The Essential Guide to Brioche Stitch

Sinclair, 2015. Textiles and Fashion Materials.

Indonesia Trend Forecast. (2017) Greyzone.

Karmila, Mila dan Marlina. (2010) Kriya Tekstil

Norman, D. A., & Verganti, R. (2014). Incremental and Radical Innovation: Design Research vs. Technology and Meaning Change. Design Issues, 30(1), 78-96.

Ullman, D. G. (2010). The Mechanical Design Process (4th ed.). McGraw-Hill.

Ulrich, K. T., & Eppinger, S. D. (2011). Product Design and Development (5th ed.). McGraw-Hill.

Luchs, M. G., Swan, K. S., & Griffin, A. (2015). Design Thinking and Innovation: A Review of the Literature. Journal of Product Innovation Management, 32(2), 145-161.

Plattner, H., Meinel, C., & Leifer, L. (Eds.). (2011). Design Thinking: Understand - Improve - Apply. Springer.

Brown, T. (2008). Design Thinking. Harvard Business Review, 86(6), 84-92.

Dorst, K. (2011). The Core of "Design Thinking" and its Application. Design Studies, 32(6), 521-532.

Lockwood, T. (Ed.). (2009). Design Thinking: Integrating Innovation, Customer Experience, and Brand Value. Allworth Press.

Cross, N. (2011). Design Thinking: Understanding How Designers Think and Work. Berg Publishers.

Tschimmel, K. (2012). Design Thinking as an Effective Toolkit for Innovation. In Proceedings of the 2nd International Conference on Design Creativity (pp. 623-630). Design Society.

Published

01-08-2023

How to Cite

Windy Nurwindiandini, Edi Setiadi P., & Dedy Ismail. (2023). Perancangan Outerwear Pantai Dengan Teknik Rajut. SERENADE : Seminar on Research and Innovation of Art and Design, 2(1), 79–87. Retrieved from https://serenade.ukdw.ac.id/index.php/serenade/article/view/56