Perancangan Produk Home Decor Interaktif Bagi Anak Usia 3-6 Tahun

Authors

  • Alia Gita Sudradjat
  • Sulistyo Setiawan
  • Agung Pramudya Wijaya

Keywords:

Dekorasi Rumah, Interaktif, Anak Usia Dini

Abstract

Minat bermain pada anak usia dini yang berada pada usia 3-6 tahun di rumah semakin menurun akibat kemajuan teknologi yang menggantikan medium bermain anak sehingga aktivitasnya menjadi pasif. Hal ini membatasi anak dalam aktivitas bermain aktif melibatkan anggota badan dimana diperlukan untuk melatih kemampuan sesuai tahap perkembangannya. Mayoritas aktivitas anak usia dini dilakukan di rumah dan kamar anak, sehingga produk yang ada di dalamnya harus dapat meningkatkan kreativitas dan mendukung aktivitas bermain. Pengembangan desain dilakukan dengan tujuan menghasilkan produk home decor yang berfungsi sebagai fasilitas bermain anak dan dekorasi yang interaktif di rumah. Metodologi yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode design thinking Stanford. Tahapan studi dilakukan melalui analisa studi literatur, survey pada user, dan wawancara ahli. Kemudian hasil data disimpulkan menjadi kriteria desain, dilanjutkan dengan tahap solusi alternatif desain hingga pembuatan prototype dan uji coba pada user. Produk home décor memiliki kebaruan yaitu menciptakan produk dekorasi non-permanen di rumah yang interaktif untuk dimainkan oleh anak usia 3-6 tahun. Hasil dari proses pengembangan desain ini merupakan gambar desain tiga dimensi dan gambar detail sistem produk.

References

Chressetianto, Ayhwien. 2013. “Pengaruh Aksesoris Dan Elemen Pembentuk Ruang Terhadap Suasana Dan Karakter Interior Lobi Hotel Artotel Surabaya.” JURNAL INTRA Vol. 1, No. 1:1–7.

Hardiyana, Andri. 2016. “REURGENISASI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI ERA GLOBALISASI.” 14.

Hasimjaya, Jennie, Mariana Wibowo, and Dodi Wondo. 2019. “Kajian Antropometri & Ergonomi Desain Mebel Pendidikan Anak Usia Dini 3-4 Tahun di Siwalankerto.” Dimensi Interior 15(1):45–55. doi: 10.9744/interior.15.1.45-55.

Hostettler Scharer, Janine. 2017. “Supporting Young Children’s Learning in a Dramatic Play Environment.” Journal of Childhood Studies 42(3):62. doi: 10.18357/jcs.v42i3.17895.

Indriani, Agustine, Mariana Wibowo, Dodi Wondo, and Jl Siwalankerto. 2017. “Konsep Pratical Fun pada Mebel Multifungsi Anak Usia Dini untuk Hunian Terbatas di Surabaya.” 5(2):10.

Istiqomah, Novia, and Maemonah. 2021. “KONSEP DASAR TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA ANAK USIA DINI MENURUT JEAN PIAGET.” Khazanah Pendidikan Vol. 15, No.2 September 2021. doi: 10.30595/jkp.v15i2.10974.

Phillips, Khalisa H., Jill Hurley, Melissa Richards, Joan Suwalsky, and Diane Putnick. 2020. “AGE DETERMINATION GUIDELINES: Relating Consumer Product Characteristics to the Skills, Play Behaviors, and Interests of Children.”

Swarnadwitya, Arvira. 2020. “Design Thinking: Pengertian, Tahapan Dan Contoh Penerapannya.” School of Information Systems. Retrieved September 30, 2022 (https://sis.binus.ac.id/2020/03/17/design-thinking-pengertian-tahapan-dan-contoh-penerapannya/).

Winata, Steffi Augusta, and Rendy Iswanto. 2018. “INOVASI PRODUK HOME DECOR JIIB SEBAGAI SARANA PENGHIAS RUANGAN DAN RELAKSASI.” 8(1):17.

Yus, Anita. 2013. “BERMAIN SEBAGAI KEBUTUHAN DAN STRATEGI PENGEMBANGAN DIRI ANAK.” JIV-Jurnal Ilmiah Visi 8(2):153–58. doi: 10.21009/JIV.0802.9.

Published

01-08-2023

How to Cite

Alia Gita Sudradjat, Sulistyo Setiawan, & Agung Pramudya Wijaya. (2023). Perancangan Produk Home Decor Interaktif Bagi Anak Usia 3-6 Tahun. SERENADE : Seminar on Research and Innovation of Art and Design, 2(1), 70–78. Retrieved from http://serenade.ukdw.ac.id/index.php/serenade/article/view/55