Perancangan Perhiasan Statement Berbahan Keramik Dengan Inspirasi Kepel

Authors

  • Reza Nina Candra
  • Maharani Dian Permanasari
  • Dedy Ismail

Keywords:

Perhiasan, Keramik, Kepel

Abstract

Perhiasan merupakan bagian dari fashion yang memiliki fungsi dalam mengekspresikan pemakainya. Banyak menggunakan unsur budaya lokal dalam berbagai variasi perhiasan terdapat pada tren perhiasan yang ada di Indonesia. Salah satu unsur budaya lokal yang dimunculkan dalam penelitian ini adalah kepel dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Kepel memiliki ciri khas dan keunikan dalam bentuk serta visual sehingga menjadi inspirasi dalam perancangan statement perhiasan berbahan keramik dalam penelitian ini. Penggunaan bahan keramik belum banyak diterapkan dalam industri perhiasan sehingga menjadi pembeda dari industri perhiasan lainnya. Tujuan dari perancangan ini adalah mengidentifikasi potensi pengembangan produk dengan tren yang mengangkat budaya lokal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksplorasi bentuk dan semantik rupa. Hasil dari perancangan ini merupakan desain statement perhiasan keramik yang dikembangkan industri sebagai peluang inovasi dalam pengembangan fashion aksesoris.

References

A MULTIFACETED FUTURE THE JEWELRY INDUSTRY IN 2020.pdf. (n.d.).

Adoc.pub_potensi-kepel-stelechocarpus-burahol-blume-hookf-t.pdf. (n.d.).

Desain_dan_Teknik_Produksi_Keramik.pdf. (n.d.).

PENDEKATAN SEMANTIK RUPA SEBAGAI METODA PENGEMBANGA DESAIN PRODUK DENGAN STUDI KASUS PRODUK MUG DI INDUSTRI KECIL KERAMIK.pdf. (n.d.).

PERHIASAN TRADISIONAL INDONESIA.pdf. (n.d.).

TINJAUAN_TREND_FORECASTING_PADA_INDUSTRI_DESAIN_IN (1).pdf. (n.d.).

Rangkuti, Nurhadi. (2008). Buku panduan analisis keramik. Pusat Penelitian dan Pengembangan Arkeologi Nasional.

Published

01-08-2023

How to Cite

Reza Nina Candra, Maharani Dian Permanasari, & Dedy Ismail. (2023). Perancangan Perhiasan Statement Berbahan Keramik Dengan Inspirasi Kepel . SERENADE : Seminar on Research and Innovation of Art and Design, 2(1), 62–69. Retrieved from http://serenade.ukdw.ac.id/index.php/serenade/article/view/53