Penerapan Motif Damar Kurung Gresik Pada Desain Produk Set Fesyen Pria
Keywords:
Damar Kurung, Design Thinking, Digital Printing, FesyenAbstract
Kota Gresik memiliki kesenian dan budaya unik berupa damar kurung. Kesenian dan budaya damar kurung ini belum dikenal oleh masyarakat secara luas khususnya masyarakat Gresik. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan produk fesyen Gresik serta melestarikan kesenian dan budaya damar kurung. Minimnya produk fesyen bermotif damar kurung menjadi peluang yang cukup besar dan memberikan kesempatan bagi peneliti untuk mengembangakan motif damar kurung dengan menerapkan teknologi Digital Printing menjadi produk fesyen pria berupa Tas sling bag dan Sepatu Slip on. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode design thinking yang terdiri dari lima tahapan yaitu empathize, define, ideate, prototype, dan test. Konsep desain yang digunakan adalah “Kearifan Lokal”. Material utama yang digunakan adalah kulit dan kain taslan sebagai media Digital Printing dan warna yang digunakan adalah Hitam dan Putih.
References
Affifuddin, M. (2021). Penerapan ilustrasi damar kurung pada media merchandise sebagai pengenalan budaya kabupaten gresik.
Anam, C. (2021). Re-Desain Sepeda Lowrider Tenaga Listrik dengan Metode Design Thinking.
Anam, C. (2020). "Tren Tren Penerapan Teknologi Era 4.0 Sebagai Produk Fesyen”, Desain Produk dan Tantangan Industri Kreatif di Era New Normal", Samudra Biru, Yogyakarta.
Hendariningrum, R., & Susilo, M. E. (2008). Fashion Dan Gaya Hidup : Identitas Dan Komunikasi. Jurnal Ilmu Komunikasi.
Koeshandari, I. I. (2021). Damar Kurung dari Masa ke Masa, Rumah Gagas Kreatif, Jakarta.
Masyhar, M. (2020). Sakral Dan Profan Tinjauan Antropologis Religius Atas Pemikiran Hasan Hanafi. Biopsikososial: Jurnal Ilmiah Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Mercubuana Jakarta. https://doi.org/10.22441/biopsikososial.v4i1.10305
Meitasari, A. D. (2017). Damar Kurung Pada Masa Pemerintahan Bupati Sambari Halim Tahun 2010-2015.
Njatrijani, R. (2018). Kearifan Lokal Dalam Perspektif Budaya Kota Semarang. Gema Keadilan. https://doi.org/10.14710/gk.2018.3580
Saharja, K., & Aisyah, S. (2020). Efektifitas digital printing (pencetakan digital) dalam menghasilkan produk cetak dan pengaruhnya terhadap konsumen. Media bina ilmiah. https://doi.org/10.33758/mbi.v14i11.617
Titisari, Y. (2018). Siapakah tokoh pelukis “Damar kurung”? (2018, May 2). Dictio Community. https://www.dictio.id/t/siapakah-tokoh-pelukis-damar-kurung/77950
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SERENADE : Seminar on Research and Innovation of Art and Design
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.