Analisis Visual Dari Inspirasi Bangunan Villa Welpeloo

Authors

  • Mohammad Sayfulloh Aulia
  • Hany Mustikasari
  • Guguh Sujatmiko
  • Siti Zahro

Keywords:

Arsitektur, Fesyen, Perubahan Tren, Villa Welpeloo

Abstract

Busana menjadi sebuah bentuk ekspresi dan tanda identitas bangunan yang diekspresikan oleh seorang desainer. Ini merupakan Langkah adaptasi dalam perubahan tren di bidang fesyen yang diinginkan oleh pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis visual yang terinspirasi dari “vila welpeloo”. Metode penelitiannya adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi. Selanjutnya, teknik analisisnya menggunakan deskriptif dengan analisis visual. Hasilnya ditunjukkan bahwa beberapa bentuk dan garis dari bangunan “vila welpeloo” dapat diterapkan pada bidang fesyen pada bagian detail dan embellishment pada baju ataupun pada product lifestyle berupa aksesoris. Bentuk lingkaran dapat diterapkan untuk anting-anting dan bentuk lipatan-lipatan untuk kain. Akhirnya, temuan ini dapat memperkaya ide desainer pada bidang fesyen.

References

Adawiyah, E. P. (2020). Analisis representasi Visual pada bahan ajar IPA-Biologi (Doctoral dissertation. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati.

Altervista. (2023). VILLA WELPELOO by Superuse Studios. Retrieved from http://artelnative.altervista.org/villa-welpeloo-superuse-studios/?doing_wp_cron=1659616284.2819340229034423828125

Anggarini, A., Bangun, D. A. N., & Saripudin, I. (2020). Alternatif model penyusunan mood board sebagai metode berpikir kreatif dalam pengembangan konsep visual. Journal Printing and Packaging Technology, 1(1), 1-7.

Anggraini, D., Hasnawati, H., & Dalifa, D. (2018). Pelatihan keterampilan makrame bagi ibu-ibu rumah tangga di kelurahan lingkar barat kota Bengkulu. Dharma Raflesia: Jurnal Ilmiah Pengembangan dan Penerapan IPTEKS, 16(2), 115–125. https://doi.org/10.33369/dr.v16i2.6438

ArchiPanic. (2019). Inside The Renovated Pavilion Le Corbusier in Zürich Now Open to The Public. Retrieved from https://www.archipanic.com/pavilion-le-corbusier/

Aukhadiyeva, L. M. (2023). Traditional Mashrabia and their Re-inventions for Cooling the Air and Constructing Identity in the Contemporary Architecture of the East. Journal of the International Society for the Study of Vernacular Settlements, 10(2), 1-20.

Enocensia, C. (2022). Inilah Potret Perubahan Tren Fashion dari Masa ke Masa. Retrieved at https://highend-magazine.okezone.com/read/inilah-potret-perubahan-tren-fashion-dari-masa-ke-masa-9q15Qz

Hanandita, T. (2022). Pemakaian merek fast fashion sebagai representasi identitas diri. BHUMIDEVI: Journal of Fashion Design, 2(1), 38-44.

Hardiyanti, H., Awuy, E., & Anggraini, A. (2019). penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 7(1), 1-12.

Jayanegara, I. N. (2020). Analisis bentuk pada identitas visual STMIK STIKOM Indonesia. Jurnal Bahasa Rupa, 3(2), 76-82.

Joy, A., Zhu, Y., Peña, C., & Brouard, M. (2022). Digital future of luxury brands: Metaverse, digital fashion, and non‐fungible tokens. Strategic change, 31(3), 337-343.

Khamaludin, K. (2021). Pengembangan epistemologi positivisme dalam memahami konsep menghitung keliling dan luas lingkaran di MI Muhammadiyah Kebutuh Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(2), 224–35. doi: 10.58258/jime.v7i2.2055

Liu, L., Zhang, H., Ji, Y., & Wu, Q. J. (2019). Toward AI fashion design: An Attribute-GAN model for clothing match. Neurocomputing, 341, 156-167.

Maryati, S., & Pranata, O. H. (2019). Desain didaktis keliling persegi dan persegi panjang berbasis permainan orayorayan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 70-80.

Multicolor. (2019). Multicolor: Interior Design. Retrieved from https://www.behance.net/gallery/99427021/MULTICOLOR

Perdani, C. W. (2020). Etnomatematika hasil pembuatan krecek kerupuk rambak kanji dalam penerapan pembelajaran melalui berpikir spasial. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 6(2), 99-106.

Risdiyantoro, K. D. (2022). Kantong Semar sebagai Ide Karya Penciptaan Lampu Hias Media Logam (Doctoral dissertation). Yogyakarta: Institut Seni Indonesia.

Rozy, F., & Raditya, A. (2021). Komodifikasi Fesyen Bonek di Surabaya Selatan. Paradigma, 10(1), 81-103. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/38690

Superuse. (2023). Villa Welpeloo. https://www.superuse-studios.com/projectplus/villa-welpeloo/

Utoyo, A. W. (2020). Analisis komunikasi visual pada poster sebagai media komunikasi mendorong jarak sosial di Jakarta saat epidemi Covid 19. LUGAS Jurnal Komunikasi, 4(1), 35-42.

Weinstein, C. S, & David T. G. (1987). Space for Children: The Built Environment and Child Development. USA: Plenum Press.

Published

01-08-2023

How to Cite

Mohammad Sayfulloh Aulia, Mustikasari, H. ., Sujatmiko, G. ., & Zahro, S. . (2023). Analisis Visual Dari Inspirasi Bangunan Villa Welpeloo. SERENADE : Seminar on Research and Innovation of Art and Design, 2(1), 31–36. Retrieved from http://serenade.ukdw.ac.id/index.php/serenade/article/view/49