Redesain Delivery Box Untuk Driver Online Khusus Makanan

Authors

  • Agam Rouf Romadlon
  • M. Junaidi Hidayat

Keywords:

Delivery box, Box Motor, Box Kurir, Kurir Makanan

Abstract

Delivery box yang ideal adalah yang memiliki fungsi untuk menjaga makanan tetap aman pada saat proses pengiriman. Selain itu Delivery box yang baik adalah yang mampu memberikan kesan paling sederhana tetapi sangat penting, yaitu kebersihan. Namun keadaan yang ada di lapangan masih terdapat banyak permasalahan pada delivery box yang digunakan driver online khusus makanan, salah satunya dalam aspek keamanan, dimana makanan dan minuman tersebut beresiko tinggi akan terjadinya tumpah, serta kurang memperhatikan bagaimana makanan dan minuman tersebut bisa sampai kepada pelanggan dalam keadaan yang hangat. Maka peneliti melakukan penelitian untuk mencari solusi bagaimana desain delivery box untuk driver online khusus makanan. Dalam proses pengumpulan data, peneliti menggunakan metode penelitian gabungan (Mixed Methods), antara metode kualitatif dan metode kuantitatif, dimana metode kualitatif yang dilakukan yaitu melalui metode survei, seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan metode kuantitatif yang dilakukan yaitu dengan cara penelaahan terhadap jurnal terdahulu, buku, dan juga media internet ataupun website. Selanjutnya peneliti melakukan analisis untuk menemukan kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan sebagai pengembangan desain delivery box agar lebih baik. Konsep pada desain delivery box pada penelitian ini adalah safety and fresh, mengutamakan fungsi keamanan pada box, dan mampu menjaga makanan tetap hangat. Untuk itu peneliti merancang desain kotak paket makanan untuk kurir khusus makanan, dimana desain box tersebut dilengkapi dengan penghangat makanan dan memiliki ruang yang adjustable, yang dapat meminimalisir makanan atau minuman dari resiko terjadinya tumpah.

References

Masrizal, R. (2021). MIXED METHOD RESEARCH Masrizal *. Jurnal Kesehatan Masyarakat Andalas, Vol 6, No, 53–56.

M. S. Prof. Dr. H. Mudjia Rahardjo, (2011) “Metode Pengumpulan Data” uin-malang.ac.id, 10 June 2011.

Eka putra, Y. warta resi. (2021, June 16). PENGENALAN KONSEP “SAFE DESIGN.” https://id.linkedin.com/pulse/pengenalan-konsep-safe-design-dan-prinsip-prinsip-nya-eka-putra.

Mulyati, M. I. (2016). Penerapan Interior Pada Kamar Rawat Inap Di Rumah Sakit (Analisis Kenyamanan Dalam Proses Penyembuhan PAsien). Seni Rupa Dan Desain, 19(23), 43–49.

Published

01-08-2023

How to Cite

Agam Rouf Romadlon, & M. Junaidi Hidayat. (2023). Redesain Delivery Box Untuk Driver Online Khusus Makanan. SERENADE : Seminar on Research and Innovation of Art and Design, 2(1), 24–30. Retrieved from http://serenade.ukdw.ac.id/index.php/serenade/article/view/48