Desain Produk Jam Tangan Berbahan Baku Bonggol Jagung

Authors

  • Erian Dwi Alfath
  • Andry Masri

DOI:

https://doi.org/10.21460/serenade.v1i1.9

Keywords:

bonggol jagung, eksperimen, fashion, jam tangan

Abstract

Proyek desain pada tulisan ini adalah perancangan produk jam tangan dengan memanfaatkan karakteristik bonggol jagung sebagai bahan baku. Tujuan dari desain yang dilakukan adalah menghasilkan produk jam tangan dengan bahan baku bonggol jagung agar diperoleh nilai kebaruan yang didasari dari karakteristik material. Tujuan desain dicapai melalui pendekatan eksperimen terhadap material dengan menggunakan mesin-mesin sederhana, seperti gurinda, mesin amplas dan peralatan lain. Melalui penelitian ini diperoleh kebaruan dari karakteristik bonggol jagung sehingga dihasilkan produk yang unik dan kreatif. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya sebuah potensi dari bonggol jagung untuk dijadikan sebuah produk olahan bonggol jagung dengan sebuah kebaruan. Pada akhir proyek ini diperoleh sebuah produk fashion berupa jam tangan dengan memanfaatkan salah satu karakteristik dari material bonggol jagung.

References

Andry, A., Sachari, A. and Widodo, P. (2015) ‘Eksplorasi Material Bonggol Jagung Untuk Mendapatkan Nilai Kebaruan Pada Produk Kerajinan Kreatif’, in. Seminar Nasional UNIBA Surakarta 2015.

Ismail, D. (2014) ‘Sistem Produksi Sederhana Pengolahan Bonggol Jagung Sebagai Bahan Baku Dalam Perancangan Produk’, Jurnal Rekarupa, 2(1).

Mahardhika, M. and Dewi, F. R. (2014) ‘Analisis Pengembangan Usaha Pemanfaatan Limbah Bonggol Jagung Menjadi Produk Kerajinan Multiguna’, Jurnal Manajemen dan Organisasi, 5(3), pp. 214–226.

Masri, A. (2020) ‘A KOMPROMISTIS ANTARA KREASI DAN PRODUKSI PRODUK BERBAHAN BAKU BONGGOL JAGUNG’, The Indonesian Design Journal, 2(2), pp. 32–46

Published

20-01-2022

How to Cite

Erian Dwi Alfath, & Andry Masri. (2022). Desain Produk Jam Tangan Berbahan Baku Bonggol Jagung. SERENADE : Seminar on Research and Innovation of Art and Design, 1(1), 30–35. https://doi.org/10.21460/serenade.v1i1.9