Eksplorasi Iratan Bambu Halus Menjadi Produk Fungsional

Authors

  • Bau Putri Annisa
  • Maharani Dian Permanasari

DOI:

https://doi.org/10.21460/serenade.v1i1.8

Keywords:

bahan iratan bambu halus, metode eksperimen, produk fungsional.

Abstract

Bahan iratan bambu halus terbuat dari bambu tali melalui proses penyerutan sehingga menghasilkan iratan bambu yang sangat tipis. Karakteristik bahan ini sangat lentur sehingga mudah dibentuk dan banyak dikembangkan dalam produk fashion seperti aneka tas dan topi menggunakan teknik menganyam. Namun, proses pengolahan dari bambu mentah menjadi bahan iratan bambu halus cukup sulit dan jumlah kemampuan pengrajin dalam menganyam dari generasi ke generasi semakin menurun, sehingga berdampak pada hasil anyaman yang monoton. Hal ini menyebabkan tidak ada kebaruan yang signifikan dalam produk bahan iratan bambu halus. Bahan iratan bambu halus memiliki potensi karakteristik bahan yang lentur dan transparan dan belum dimanfaatkan secara optimal. Tujuan dari proyek desain ini adalah memaksimalkan potensi transparansi dan kelenturan bahan iratan bambu halus menjadi desain produk lampu hias. Metode desain yang digunakan berbasis pada eksperimentasi, yaitu eksplorasi karakteristik transparansi dan kelenturan iratan bambu halus. Proses eksplorasi dilakukan dengan cara mengaplikasikan perekat laminasi pada permukaan iratan bambu sehingga mengurangi sifat getas material tersebut. Hasil eksplorasi yang dihasilkan yaitu modul iratan bambu halus yang disusun sehingga tidak memerlukan teknik penganyaman. Luaran desain yang dihasilkan menjadi inovasi baru bagi pengembangan material iratan bambu halus yang selama ini tidak dikenal oleh pengrajin. Hasil desain ini diharapkan memberikan manfaat bagi pengrajin iratan bambu halus.

References

Bambang, L. A. (2019). Eksplorasi Teknik Ragam, Finishing,dan Joining Bambu Sebagai Kombinasi MaterialProduk Khas Wanita. Jurnal Sains dan Seni Vol.8 No.1, 2337-3520.

Waskito, M. A. (2014). Strategi Pengembangan Teknik Pembuatan Produk-Produk Kulit Untuk Meningkatkan Kemampuan Kreatif di Industri Kecil/Menengah Alas Kaki Cibaduyut. Jurnal Dimensi Seni Rupa dan Desain Vol.11 No.2 , 182-196.

Published

20-01-2022

How to Cite

Bau Putri Annisa, & Maharani Dian Permanasari. (2022). Eksplorasi Iratan Bambu Halus Menjadi Produk Fungsional. SERENADE : Seminar on Research and Innovation of Art and Design, 1(1), 25–29. https://doi.org/10.21460/serenade.v1i1.8