Trender: Membantu Membuat Keputusan Desain & Merchandising Berdasarkan Data

Studi Kasus: Zalora Indonesia dari Kategori Pakaian, Aksesoris, dan Sepatu Wanita

Authors

  • Susi Hartanto

Keywords:

Trender, Data, Zalora, Wanita, Indonesia

Abstract

Reputasi dan kredibilitas Zalora di industri fesyen serta pengalamannya bekerja sama dengan lebih dari 3000 label lokal dan internasional, menempatkan Zalora di posisi terdepan dalam mengkurasi dan menganalisa data yang didesain spesifik untuk para pemilik brand fesyen. Dengan jumlah audience fesyen terbesar di Asia Tenggara yang memiliki daya beli tinggi, konsumen Zalora merupakan sumber data terbaik untuk memprediksi tren fesyen, dibandingkan dengan sumber data lain atau data penjualan dari peritel lainnya. Zalora dan tim internalnya yang ahli di bidang fesyen, memperkenalkan Trender, sebuah laporan bulanan yang memungkinkan para pemilik brand fesyen mengakses informasi bisnis Zalora untuk menyusun stategi brand yang lebih efektif, pada artikel ini akan lebih dibahas terutama dari sisi desain produk dan merchandising produk. Dengan Trender, brand akan lebih memahami tentang siapa yang membeli produknya, agar ke depannya dapat membidik pasar yang tepat. Selain itu, brand juga mendapatkan informasi tentang produk apa saja yang banyak dicari oleh konsumen, sehingga dapat membuat persiapan yang lebih baik untuk musim selanjutnya. Melalui data internal Zalora yang dikumpulkan dalam periode 2 bulan selama November hingga Desember 2020, dipaparkan beberapa hal seperti: 1) Pasar mana yang paling cepat berkembang? 2) Kategori yang memiliki performa terbaik; 3) Sub-kategori yang sedang tren di Zalora; 4) Siapa saja konsumen yang berbelanja di Zalora; 5) Di wilayah mana produk brand terjual paling baik? 5) Kelompok umur yang sedang tren di Zalora; 6) Produk best-seller dan yang sedang tren; 7) Atribut produk yang menjadi best-seller; dan 8) Kisaran harga yang paling efektif untuk konsumen Zalora.

References

Data internal Zalora, November – Desember 2020

Data Trender Zalora, November – Desember 2020

https://www.theguardian.com/business/2020/jul/20/th e-zoom-shirt-how-the-pandemic-changed-work dress-codes, diakses pada 19 Juli 2021

https://www.abc.net.au/news/2020-11-09/how workplace-fashions-will-change-as-covid-19- restrictions-ease/12830138, diakses pada 19 Juli 2021

Published

25-03-2022

How to Cite

Susi Hartanto. (2022). Trender: Membantu Membuat Keputusan Desain & Merchandising Berdasarkan Data: Studi Kasus: Zalora Indonesia dari Kategori Pakaian, Aksesoris, dan Sepatu Wanita. SERENADE : Seminar on Research and Innovation of Art and Design, 1(1), 271–278. Retrieved from https://serenade.ukdw.ac.id/index.php/serenade/article/view/44