Peran Point of Purchase dalam Promosi Hasil Diversifikasi Produk Berbahan Limbah Tekstil

Authors

  • Koniherawati
  • Dan Daniel Pandapotan

DOI:

https://doi.org/10.21460/serenade.v1i1.40

Keywords:

point of purchase, diversifikasi produk, sustainable design, limbah tekstil.

Abstract

Saat ini, pandemi memberikan dampak berantai bagi masyarakat. Salah satunya terjadi pada karyawati yang beralih profesi menjadi penjahit sebagai mata pencaharian utama di kampung Kleben, Wirobrajan, Yogyakarta. Mulanya, penjahit menerima pesanan berbagai jenis pakaian. Namun, penurunan jumlah pesanan memaksa mereka untuk mencoba membuat produk baru berbahan limbah tekstil yang lebih mudah diserap oleh pasar, yaitu masker. Meski demikian, terjadinya peningkatan jumlah pasokan masker membuat penjahit kesulitan untuk bersaing dengan modal dan keterampilan yang dimiliki. Adapun saat ini tengah marak sosialisasi gaya hidup sehat, salah satu dampaknya terjadi pada peningkatan minat masyarakat untuk memiliki tanaman di rumah dan tempat kerja. Fenomena ini dapat dimanfaatkan penjahit untuk meningkatkan penghasilan melalui produk baru. Kebaharuan produk dibuat dengan cara diversifikasi produk dekoratif berbahan kain perca sebagai “baju” bagi pot tanaman hias. Selain itu, kebaharuan juga dibuat dalam melakukan promosi produk yang mengadopsi Point of Purchase (POP) produk pakaian. Penelitian kualitatif ini menggunakan metode etnografi partisipatoris. Perancangan produk dan POP dilakukan penjahit dan desainer menggunakan pendekatan sustainable design. Hasil penelitian berupa produk dekoratif pot tanaman hias dan POP mampu menunjukkan potensi dari keterbatasan modal dan keterampilan yang dimiliki oleh penjahit.

References

Arum, C. D., dan Hakimah, E. N. (2016): Peranan Bauran Promosi dalam Usaha Meningkatkan Penjualan pada Kerajinan Tenun Ikat (Atbm) Cap Medali Mas Kediri, Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, diperoleh 10 November 2021melalui situs internet: https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/58, 1(1).

Gie (22 April 2020): Apa itu Diversifikasi Usaha? Berikut Pengertian dan Strateginya, , diperoleh 10 November 2021, melalui situs internet: https://accurate.id/marketing-manajemen/apa-itu-diversifikasi-usaha/.

Hendrassukma, D. (9 Mei 2020): Point-of-Purchase (PoP) Design from Visual Merchandising Class, , diperoleh 10 November 2021, melalui situs internet: https://interior.binus.ac.id/2020/05/09/point-of-purchase-pop-design-from-visual-merchandising-class/.

LinovHR, A. (28 Desember 2020): Apa Itu Diversifikasi? Berikut Pengertian dan Manfaatnya!, , diperoleh 16 Juni 2021, melalui situs internet: https://www.linovhr.com/pengertian-diversifikasi-dan-manfaat/.

Mawardi, R. (4 Maret 2019): Penelitian Kualitatif : Pendekatan Etnografi, diperoleh 10 November 2021, melalui situs internet: https://dosen.perbanas.id/penelitian-kualitatif-pendekatan-etnografi/.

Pengadaan, T. (Agustus 2020): Memahami Konsep Sustainable Design, , diperoleh 10 November 2021, melalui situs internet: https://www.pengadaan.web.id/2020/08/sustainable-design-adalah.html.

Priyoga, I. (2010): Desain Berkelanjutan (Sustainable Design), Dinamika Sains, diperoleh 10 November 2021melalui situs internet: https://jurnal.unpand.ac.id/index.php/dinsain/article/view/53, 8(16).

Wiranata, C. (20 November 2019): Jenis dan Manfaat Teknik Marketing POP Point of Purchase, , diperoleh 10 November 2021, melalui situs internet: https://solusiprinting.com/point-of-purchase-pengertian-jenis-manfaat-dan-contohnya/.

Published

25-01-2022

How to Cite

Koniherawati, & Dan Daniel Pandapotan. (2022). Peran Point of Purchase dalam Promosi Hasil Diversifikasi Produk Berbahan Limbah Tekstil. SERENADE : Seminar on Research and Innovation of Art and Design, 1(1), 263–270. https://doi.org/10.21460/serenade.v1i1.40