Implementasi Prototyping Produk Fleksible dengan Mesin CNC Multifungsi (milling, laser co2 dan 3d printing)

Authors

  • Harki Apri Yanto
  • Heru Suprapto
  • Antonius Kristijono
  • Febri Setianto

DOI:

https://doi.org/10.21460/serenade.v1i1.36

Keywords:

CNC, Milling, pemotongan laser, multifungsi

Abstract

Pandemi Coronavirus 2019 menyebabkan terjadinya perubahan tatanan dalam kehidupan bermasyarakat dengan adanya pengaturan jarak fisik (physical distancing), sehingga terjadi efek domino tidak hanya dalam kehidupan bermasyarakat, tetapi juga berpengaruh dalam pola rantai suplai produk dan jasa. Selain itu digabungkannya semangat entrepreneurship untuk mencetak wirausaha baru dan penciptaan lapangan pekerjaan baru pada generasi muda, memungkinkan lulusan perguruan tinggi banyak yang mencoba berwirausaha dengan mengembangkan produk hasil penelitian selama di kuliah, meski dengan kemampuan dan pengetahuan manufaktur, serta kemampuan finansial yang terbatas. Fenomena ini menyebabkan, banyak sekali proses pengembangan produk berbasis kriya komersial terpaksa mengalami hambatan yang disebabkan antara lain: ketergantungan dengan komponen impor, keterbatasan mesin produksi buatan lokal yang mampu menghasilkan kualitas produk dengan harga ekonomis. Hal ini yang mendasari pengembangan 1 unit mesin cnc dengan kemampuan proses milling, pemotongan laser, dan fungsi cetak 3d berbasis FDM (fused deposition modelling), sehingga desainer produk mampu mengembangkan prototipe produk dengan pengetahuan dan kemampuan manufaktur terbatas, dengan 3 kemampuan proses manufaktur sekaligus. Proses pengembangan telah dimulai dari 2018, dengan mengembangkan meja Mesin CNC yang mampu beradaptasi dengan proses milling, proses pemotongan laser CO2, dan proses cetak 3d printing, pengembangan sistem controller yang memfasilitasi ke 3 fungsi proses, serta melakukan mengembangkan prosedur pembentukan bahasa program G-code yang sesuai dengan CNC controller. Setelah itu dalam penelitian ini, dilakukan trial pembuatan produk dengan menggunakan mesin CNC multifungsi yang menggabungkan 2 proses (milling dan pengukiran laser CO2) dalam sampel produk berupa dudukan telepon genggam (HP) yang diproduksi secara dalam 1 unit mesin produksi sekaligus. Proses metode milling, fungsi pemotongan laser ini diharapkan memberikan alternatif dan ruang desain baru bagi desain produk dalam pengembangan produknya di kemudian hari.

References

Badan Pusat Statistik. (2017). Impor Mesin Keperluan Industri Tertentu menurut Negara Asal Utama 2000-2015. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Dalmasius Ganjar Subagio, T. D. (2011). PENGGUNAAN PERANGKAT LUNAK OPEN SOURCE UNTUK SISTEM. Journal of Mechatronics, Electrical Power, and Vehicular Technology, 2, 105.

Pham, D. T., Dimov, S. S., Ji, C., Petkov, P. V., & Dobrev, T. (2004). Laser Milling as a "rapid" micro manufacturing process. Proceedings of the Institutions of Mechanical Engineerings, Part B: Journal of Engineering Manufacture, 218.

Saputra, R. P. (2011). Desain dan Implementasi Sistem Kendali CNC Router menggunakan PC untuk Flame Cutting Machine. Journal of Mechatronics, Electrical Power and Vehicle Technology, 2011, 2(2), 44.

Syahril Ardi, M. J. (2011). Design and Mechanism Constructing of Engraving CNC machine Simulator Based on Personal Computer. International Conference on Quality in Research , (p. 100). Bali .

Vignesh, M., & Ramanujam, R. (2020). Laser Assisted high speed machining of inconel 718 Alloy. High Speed Machining, 243-262.

Published

25-01-2022

How to Cite

Harki Apri Yanto, Heru Suprapto, Antonius Kristijono, & Febri Setianto. (2022). Implementasi Prototyping Produk Fleksible dengan Mesin CNC Multifungsi (milling, laser co2 dan 3d printing). SERENADE : Seminar on Research and Innovation of Art and Design, 1(1), 228–233. https://doi.org/10.21460/serenade.v1i1.36