Desain Carbody Interurban Bus bertipe Medium-Deck sebagai Optimalisasi Visibilitas

Authors

  • Gilang Tirta Kurnia
  • Endro Tri Susanto
  • Nor Jayadi

DOI:

https://doi.org/10.21460/serenade.v1i1.35

Keywords:

Bus Antarkota, Medium-Deck Floor, Visibilitas, Double-Glass, Sekat Kaca

Abstract

Bus merupakan transportasi massal yang populer di Indonesia karena memiliki fleksibilitas tinggi dan juga tarif yang cukup terjangkau. Berkembangnya infrastruktur juga memicu perkembangan transportasi bus, mulai dari tren bus high-deck yang dibuat untuk memperluas ruang bagasi bawah, dan juga model double-glass yang seolah-olah bus normal terlihat seperti bus tingkat. Dengan perkembangan desain dan juga fungsi yang ada di kebanyakan bus antar kota maupun pariwisata di Indonesia, tidak terlepas dari masalah-masalah yang belum dapat diselesaikan, seperti keberadaan model double-glass yang memiliki sekat kaca di depan tentu mengganggu visibilitas dari pengguna baik penumpang maupun driver. Berdasarkan permasalahan tersebut, perancangan Interurban Bus atau bus antarkota dengan tipe medium-deck floor ini dilakukan sebagai pembaruan model single-glass yang telah dianggap kuno agar menjadi solusi dari permasalahan visibilitas penumpang dan driver terhadap pandangan ke kaca depan, namun tetap mempertimbangkan aspek kenyamanan serta keamanan.

References

Aminah, S. (2018). Transportasi Publik dan Aksesibilitas Masyarakat Perkotaan. Jurnal Masyarakat, Kebudayaan dan Politik, 20 (1),

-45.

EvoBus GmbH. (2008). Guide for Rescue Services: SETRA buses and coaches built during or later than 1995. (2008 ed.). Jerman, 50-51.

Hardani, A., Andriani, H., & Rukmana, D. J. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: CV Pustaka Ilmu Group.

Moleong, L. J. (1991). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Ramadhan, A., & Sihombing, J. P. (2017). Kajian ergonomi desain sepeda fixed gear (fixie). Jurnal Desain Produk (Pengetahuan dan Perancangan Produk), 3 (1), 8-21.

Reinders, A., Diehl, J. C., & Brezet H. (Ed.). (2013). The Power Of Design Product Innovation In Sustainable Energy Technologies. United Kingdom: John Wiley & Sons.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuanitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Published

25-01-2022

How to Cite

Gilang Tirta Kurnia, Endro Tri Susanto, & Nor Jayadi. (2022). Desain Carbody Interurban Bus bertipe Medium-Deck sebagai Optimalisasi Visibilitas. SERENADE : Seminar on Research and Innovation of Art and Design, 1(1), 218–227. https://doi.org/10.21460/serenade.v1i1.35