Perancangan Pandemic Bag Set Bermotif Jajanan Tradisional Indonesia Bagi Remaja

Authors

  • Erica Lusyana Chandra
  • Wyna Herdiana
  • Brian Kurniawan Jaya
  • Hairunnas

DOI:

https://doi.org/10.21460/serenade.v1i1.32

Keywords:

Bag Set, Pandemi, Jajanan Tradisional, Remaja

Abstract

Ragam kuliner tradisional Indonesia merupakan pencerminan budaya dan tradisi Indonesia yang harus terus dilestarikan. Kondisi COVID-19 semakin menutup cara-cara untuk melestarikan jajanan tradisional secara langsung. Selain itu pandemi membuat munculnya keharusan untuk mengikuti protokol kesehatan saat berkegiatan di luar rumah. Masa remaja adalah masa di mana seseorang suka jalan-jalan, pergi makan, dan lain-lain. Dengan kondisi pandemi saat ini, tidak menutup kemungkinan bagi kaum remaja untuk tetap bisa beraktivitas di luar rumah. Remaja memiliki suatu kebiasaan untuk menyukai hal-hal baru yang unik dan menarik untuk dilihat, dirasakan, bahkan diunggah ke media sosial. Dengan mengangkat dan mengenalkan keunikan jajanan tradisional dalam sebuah produk yang bisa mendukung penampilan remaja dalam masa pandemi akan mendukung kesukaan remaja terhadap hal-hal yang unik dan baru untuk kemudian dikenalkan ke masyarakat luas melalui media sosial. Berdasarkan hal tersebut, dibutuhkan sebuah inovasi produk berupa satu set tas untuk bepergian di masa pandemi yang dapat melestarikan jajanan tradisional Indonesia. Dalam perancangan produk bag set dibutuhkan data kajian pustaka dan penelitian menggunakan metode gabungan yang meliputi penyebaran kuesioner, proses wawancara, observasi kegiatan, dan studi tata letak. Hasil dari perancangan berupa bag set yang terdiri dari sling bag, sanitary pouch, dan cutlery pouch dengan motif jajanan tradisional yang dianggap paling unik dan berbeda dari jajanan lainnya, yaitu kue tok, onde-onde, dan klepon, yang mendukung kebutuhan remaja membawa barang bawaan di masa pandemi. Dalam kondisi New Normal saat ini, diharapkan pandemic bag set dapat mendukung remaja dalam beraktivitas di luar rumah sekaligus dapat melestarikan keberadaan jajanan tradisional Indonesia.

References

Atmajanti, C. I., Richtiara, G. C., Khairunnisa I.S, K., Az-Zahra, D., Sophia, N. A., & Rahmawati, P. A. (2020). Edukasi Protokol Kesehatan New Normal dan Pengenalan Dunia Bisnis di Tengah Pandemi Covid-19 Melalui Media Sosial. Jurnal Layanan Masyarakat Vol. 4 No. 2, 472-478.

Diananda, A. (2018). Psikologi Remaja dan Permasalahannya. ISTIGHNA Vol. 1 No. 1, 116-129.

Eskak, E., & Salma, I. R. (2017). Minat Konsumen Terhadap Desain Produk Tas dari Limbah Ban Dalam di Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Kulit, Karet, dan Plastik ke-6 Vol. 6 No. 1, 75-86.

Khatimah, H. (2020, Agustus 31). Ayo Bogor. Retrieved from Ayo Bogor: https://www.ayobogor.com/read/202 0/08/31/8347/pedagang-kue-basah-khas-bog or-terimbas-pandemi-omzet-turun-50

Krisdayanti, A. (2020). New Normal Pariwisata Bali di masa Pandemi pada Daerah Tujuan Wisata Tanah Lot, Kabupaten Tabanan. Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Pariwisata Agama dan Budaya Vol 5, No 2, 48-56.

Putri, W. S., Nurwati, R., & Budiarti S., M. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja. Prosiding KS: Riset & PKM Vol. 3 No. 1, 47-51.

Rahmawaty, U., & Maharani, Y. (2013). Pelestarian Budaya Indonesia Melalui Pembangunan Fasilitas Pusat Jajanan Tradisional Jawa Barat. Jurnal Tingkat Sarjana Senirupa dan Desain No. 1, 1-8.

Siregar, Y. M. (2019). Persepsi dan Perilaku Remaja Terhadap Kudapan Tradisional (Studi Pada Produksi Kue Enak). Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Swandawidharma, Y. (2016). TA: Perancangan Buku Ilustrasi Karakter Jajanan Tradisional Khas Surabaya Dengan Teknik Vektor Guna Meningkatkan Minat Anak Pada Produk Lokal. Surabaya: Institut Bisnis dan Informatika Stikom.

Yuliati, U. (2011). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Pembelian Makanan Jajan Tradisional di Kota Malang. Jurnal Manajemen Bisnis Vol. 1 No. 1, 7-20

Published

24-01-2022

How to Cite

Erica Lusyana Chandra, Wyna Herdiana, Brian Kurniawan Jaya, & Hairunnas. (2022). Perancangan Pandemic Bag Set Bermotif Jajanan Tradisional Indonesia Bagi Remaja. SERENADE : Seminar on Research and Innovation of Art and Design, 1(1), 193–202. https://doi.org/10.21460/serenade.v1i1.32