Perancangan Sarana Penyimpanan Dokumen Penting Untuk Mengantisipasi Dampak Bencana Banjir

Authors

  • Mami Utami
  • Mohamad Arif Waskito

DOI:

https://doi.org/10.21460/serenade.v1i1.31

Keywords:

banjir,sarana penyimpanan, dokumen berharga

Abstract

Banyak kota di Indonesia yang rentan terhadap banjir, terutama kota – kota yang berada di daerah aliran sungai (DAS), bantaran kali dan daerah muara – muara sungai. Terjadinya banjir disebabkan beberapa faktor diantaranya pendangkalan atau sedimentasi, pemanfaatan DAS menjadi area hunian dan curah hujan yang tinggi. Pada saat banjir, manusia akan mengalami kepanikan, karena dalam kondisi tertekan dan dalam waktu yang terbatas mereka harus berupaya untuk menyelamatkan jiwa, barang dan dokumen berharganya. Menyelamatkan dokumen – dokumen penting atau berharga seperti sertifikat tanah, ijazah, buku nikah dan lainnya menjadi sangat penting untuk diperhatikan sehingga diperlukan perangkat atau alat simpan dokumen yang tidak hanya dapat melindungi dokumen dari air, tapi juga bisa dengan cepat diraih, ditemukan dalam gelap dan dibawa pada saat terburu – buru. Proses perancangan produk penyimpan dokumen penting ini dilakukan melalui kegiatan pengkajian dengan tahapan – tahapan Emphatize, Define, Idea, Prototype, dan Test, seperti yang biasa dilakukan di metode Design Thinking pada umumnya. Produk sarana penyimpanan dokumen ini memiliki desain yang sangat mempertimbangkan faktor fungsi, material, dan operasional. Kriteria yang ditetapkan dan diimplementasikan pada desain produk ini diharapkan dapat efektif melindungi dokumen – dokumen penting dari kerusakan atau kehilangan pada saat terjadi banjir khususnya yang sering dialami oleh masyarakat yang tinggal di wilayah – wilayah rawan banjir.

References

Rossi, G., Harmancioglu, N., & Yevjevich, V. (1992). Coping with Floods. Erice: Kluwer Academic Publisher.

Somantri, L. (2008). PEMANFAATAN TEKNIK PENGINDERAAN JAUH UNTUK MENGIDENTIFIKASI KERENTANAN DAN RESIKO BANJIR. Jurnal Geografi GEA, 1.

Kartika Dewi, Ratia. 2019. "Data Bencana BNPB pada 2019, 1.538 Kejadian dan 325 Korban Meninggal" KOMPAS.COM, 30 Maret 2019.

Pemerintah Indonesia. 2009. Undang-Undang No. 43 Tahun 2009 Yang Mengatur Tentang Kearsipan. Lembaran RI Tahun 2009 No.43. Jakarta : Seketariat Negara.

Sugiharto D, (2010), PENYELAMATAN INFORMASI DOKUMEN / ARSIP .

Drajat, dkk, 2014, Metode Design Thinking dalam Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Sunan Drajat, Lamongan), Prosiding Seminar Nasional Teknik Terapan UGM 2014 (hal 130 – 141)

Stanford Design School, 2012, The Virtual Crash Course Playbook, Institute of Design at Stanford

Notoatmodjo, S. (2013) Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Hendratman, Hendi. (2014). Computer Graphic Design. Bandung: Penerbit Informatika.

Published

24-01-2022

How to Cite

Mami Utami, & Mohamad Arif Waskito. (2022). Perancangan Sarana Penyimpanan Dokumen Penting Untuk Mengantisipasi Dampak Bencana Banjir. SERENADE : Seminar on Research and Innovation of Art and Design, 1(1), 185–192. https://doi.org/10.21460/serenade.v1i1.31