Perancangan Perhiasan Wanita Dengan Pengaplikasian Konstruksi Self Assembling

Authors

  • Ruth Trivania Roberto

DOI:

https://doi.org/10.21460/serenade.v1i1.30

Keywords:

Perhiasan, Gaya, Warna, Konstruksi, Self Assembling

Abstract

Kebutuhan wanita akan penggunaan perhiasan sebagai pelengkap penampilan semakin meningkat. Tak hanya digunakan dalam acara tertentu seperti pesta, perhiasan mulai dikenakan dalam berbagai acara dan juga dalam aktivitas sehari-hari. Penggunaan perhiasan pada umumnya ditentukan dari pakaian yang dikenakan ataupun acara dan tempat yang akan didatangi. Gaya dan warna pun menjadi pertimbangan dasar wanita dalam memilih perhiasan yang akan dipakai. Namun, perhiasan hanya hadir dalam satu bentuk dan satu warna sehingga penggemar perhiasan sering merasa kesulitan dalam memadukan pakaian dengan perhiasannya. Mereka juga harus mengeluarkan lebih banyak uang untuk membeli perhiasan dan menyediakan lebih banyak tempat untuk menyimpan perhiasan-perhiasan mereka. Perancangan fashion jewelry konstruksi self assembling untuk daily wear dengan sistem mur baut dan magnet ini membebaskan pengguna untuk merangkai perhiasan sesuai kebutuhan mereka. Perhiasan yang terdiri dari dua pilihan gaya yaitu formal dan kasual ini, juga memberikan beberapa pilihan warna yang dapat disesuaikan dengan pakaian pengguna. Dengan konstruksi self assembling yang mudah dipahami, perhiasan ini akan sangat membantu penggemar perhiasan dalam memadukan pakaian dengan perhiasannya. Perhiasan ini juga akan memberikan pengalaman baru bagi pengguna sebagai desainer dari perhiasan yang dikenakannya.

References

Tarantino, T. (2013). The Sparkle Factory. Philadelphia: Running Press.

Dauriz, L., Remy, N., & Tochtermann, T. (2014). A Multifaceted Future: The Jewelry Industry in 2020. McKinsey & Company, 1-6.

Masmadia, A. S. (2018). Makna Perhiasan Emas bagi Kalangan Wanita Madura di Kota Surabaya. Jurnal S1-Sosiologi Fisip Universitas Airlangga, 1-16.

Lahiri, A., Cormican, K., & Sampaio, S. (2021). Design Thinking: From products to projects. Procedia Computer Science, 141-148.

Dam, R. F., & Siang, T. Y. (2021). 5 Stages in the Design Thinking Process. Retrieved from Interaction Design Foundation: https://www.interaction-design.org/literature/article/5-stages-in-the-design-thinking-process

W.Elverum, C., Welo, T., & Tronvoll, S. (2016). Prototyping in new product development: Strategy considerations. Procedia 26th CIRP Design Conference, 117-122.

Published

24-01-2022

How to Cite

Ruth Trivania Roberto. (2022). Perancangan Perhiasan Wanita Dengan Pengaplikasian Konstruksi Self Assembling. SERENADE : Seminar on Research and Innovation of Art and Design, 1(1), 180–184. https://doi.org/10.21460/serenade.v1i1.30