Perancangan Board Game Untuk Mengajarkan Anak Cara Menghadapi Pandemi Covid-19

Authors

  • Arra Yi Fatimah Indahyati Anwar

DOI:

https://doi.org/10.21460/serenade.v1i1.27

Keywords:

Pandemik covid-19, Board game, Permainan Edukasi, Virus dan Bakteri

Abstract

Dunia sedang mengalami Pandemik covid-19, dilansir dari World Health Organization (WHO) corona berasal dari virus yang menyebabkan penyakit, mulai dari flu biasa hingga yang lebih parah, seperti sindrom pernapasan akut (SARS) dan sindrom pernapasan timur tengah (MERS). Anak-anak sangat rentan dengan penyebaran covid-19, maka dibutuhkan permainan yang mengajarkan anak agar lebih peduli terhadap kebersihan diri sendiri dan lingkungan sehingga anak dapat melindungi diri dari virus dan bakteri yang ada disekitarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang sebuah permainan papan board game yang memiliki edukasi mengenai cara menghadapi pandemi covid-19 dan edukasi mengenai virus dan bakteri yang ada di lingkungan sekitar. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dan metode kuantitatif, diantaranya kuesioner, analisis visual dan eksperimen produk. Hasil rancangan dari penelitian tersebut didapatkan sebuah alat permainan board game yang mengandung edukasi mengenai cara menghadapi pandemi covid-19 dan juga edukasi mengenai macam-macam jenis virus dan bakteri lain, diantaranya ada virus rotavirus, virus influenza, bakteri escherichia coli dan bakteri staphylococcus aureus. Produk ini memiliki sebutan nama yaitu “Spino”, permainan spino terdiri dari 3 buah papan permainan, 50 buah kartu pertanyaan, 30 buah kartu misteri, 4 buah pion, 1 buah spinning dan 1 buku panduan.

References

Hartono, M. (2018). Pembaruan antropometri Indonesia untuk populasi khusus yang menggabungkan Drillis dan Contini ditinjau kembali. Jurnal Internasional Ergonomi Industri , 64 , 89-101.

Alim, A. (2009). Permainan mini tenis untuk pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 6(2).

Published

22-01-2022

How to Cite

Arra Yi Fatimah Indahyati Anwar. (2022). Perancangan Board Game Untuk Mengajarkan Anak Cara Menghadapi Pandemi Covid-19. SERENADE : Seminar on Research and Innovation of Art and Design, 1(1), 155–162. https://doi.org/10.21460/serenade.v1i1.27