Perancangan Produk Lifestyle Sebagai Media Ekspresi Emosi Remaja Indonesia

Authors

  • Bryan Christopher

DOI:

https://doi.org/10.21460/serenade.v1i1.26

Keywords:

Produk lifestyle, topeng Cirebon, emosi remaja, mandala art

Abstract

Setiap orang memiliki emosi dalam diri mereka, khususnya remaja yang kerap kali meluapkan emosi mereka dalam berbagai jenis media, baik itu media sosial, maupun benda yang ada disekitar mereka. Hal tersebut yang menjadi inspirasi desainer untuk membuat produk lifestyle yang dapat menggambarkan emosi remaja dengan tema budaya Indonesia. Sebagai medianya, desainer menggunakan inspirasi dari topeng Cirebon karena topeng tersebut bisa dikaitkan dengan beberapa permasalahan yang dialami oleh remaja. Topeng Cirebon dipilih menjadi media ekspresi remaja, karena tiap 5 jenis topeng tersebut mewakilkan sifat-sifat yang dimiliki remaja saat ini. Selain itu juga ada kombinasi dari mandala art yang juga dipakai oleh psikolog sebagai media untuk meluapkan emosi remaja. Agar dapat memvisualisasi emosi remaja dalam sebuah produk lifestyle, desainer menggunakan metode eksperimen terhadap remaja yang dijalankan selama 10 hari agar dapat mengetahui emosi remaja dalam sebuah mandala art, selain itu desainer menggunakan metode wawancara untuk mengetahui selera produk yang disukai remaja pada trend saat ini. Produk yang akan dibuat terdiri dari 4 jenis yaitu tote bag, tas laptop, clutch bag, dan masker. Series yang sedang dibuat oleh desainer adalah series dengan tema topeng kelana, aka nada 4 series lagi yang akan segera di launch. Media promosi yang dipakai akan berupa Instagram, merchandise, dan majalah karena media tersebut yang menjadi media yang dipakai remaja untuk saat ini.

References

Asrori. (2005). Perkembangan Peserta Didik. Malang: Wineka Media.

Azizah. (2013). Kebahagiaan dan Permasalahan di Usia Remaja. Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Islam Kudus, 295-313.

Dyah, A. (2007). Makna Simbolis pada Unsur Visual Kostum Tari Topeng. ITB. J. Vis. Art, 224-245.

Fitri, N. F., & Adelya, B. (2017 ). Kematangan Emosi Remaja dalam Pengentasan Masalah . Jurnal Penelitian Guru Indonesia , 30-39.

Hartini, N. (2000). Deskripsi Kebutuhan Psikologi pada Anak Panti Asuhan. Jurnal Dinamika Sosial, I(1), 109-118.

Haworth, D. (2018). Parker Seminars. Kaecilia Interviewer.

Hidayani, N. I., & Lanjarani, R. (2019). Analisis Gaya Slangit Tari Topeng Tumenggung di Desa Slangit Cirebon. Jurnal Seni Tari, 21-30.

Hurlock, B. (1990). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (5th ed.). Jakarta: Erlangga.

Irawan, B., & Priscilla , T. (2013). Dasar-Dasar Desain. Jakarta: Griya Kreasi .

Laksana, R. B. (t.thn.). Kajian Konsep Mandala Terhadap Motif Naga Bersaung pada Kain Tenun Songket Palembang. Jurnal Pendidikan Seni, IV(1).

Luzar, L. C. (2011). Efek Warna dalam Dunia Desain dan Periklanan. Humaniora, II(2), 1084-1096

Mahardika, B. (t.thn.). Implementasi Metode Art Theraphy dalam Mencerdaskan Emosional Siswa . Jurnal Kependidikan, 114-124.

Masunah, J., & Karwati, U. (2003). Topeng Cirebon. P4ST UPI, 31-37.

net, B. (2021). Brilio.net. Diambil kembali dari KLY KapanLagi Youniverse: https://www.brilio.net/wow/anti-mati-gaya-9-barang-ini-wajib-selalu-ada-di-tasmu-ketika-hangout-1808282.html

Nur, J. (2012). Ragam Aktivitas Harian untuk Play Group . Jogjakarta: Diva Press.

Ryza, F. (2014). Dumet School . Diambil kembali dari https://www.dumetschool.com/blog/Prinsip-Prinsip-Seni-Rupa-atau-Desain.

S, A. K., & Ediati, A. (2018). Pengaruh coloring mandala terhadap negative emotional state pada mahasiswa. Jurnal Empati, 1-12.

Sany, Y. P. (2009). Tari Topeng Cirebon. Depok, Jawa Barat , Indonesia: Universitas Indonesia .

Soerjabrata. (1991). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja . Bandung : Rosdakarya.

Suanda, A. T. (1989). Tari Topeng Panji Sebagai Tari Meditasi . Bandung: Akademi Seni Tari Indonesia .

Sundari, S. (2005). Kesehatan Mental dalam Kehidupan. Jakarta: Rineka Cipta.

Published

22-01-2022

How to Cite

Bryan Christopher. (2022). Perancangan Produk Lifestyle Sebagai Media Ekspresi Emosi Remaja Indonesia. SERENADE : Seminar on Research and Innovation of Art and Design, 1(1), 149–154. https://doi.org/10.21460/serenade.v1i1.26