Perancangan Alat Bantu Pembelajaran Mata Pelajaran Pkn Untuk Anak Pdd-Nos

Authors

  • Eileen Florean Gunawan
  • Flonetta Felling
  • Natassya Winoto
  • Narima Safira Imantiani
  • Tashia Oktavia Tanu Wijaya
  • Devanny Gumulya
  • Eunike Puspawidjaja

DOI:

https://doi.org/10.21460/serenade.v1i1.25

Keywords:

Pandemi, anak PDD-NOS, alat pembelajaran, mata pelajaran PKN

Abstract

Berangkat dari permasalahan yang timbul akibat kegiatan belajar mengajar berubah menjadi pembelajaran daring, hal ini membawa pengaruh bagi semua orang tanpa terkecuali anak penderita PDD-NOS. Metode pembelajaran yang digunakan dari masing-masing mata pelajaran pun harus ikut menyesuaikan. Oleh karena itu, dalam perancangan kali ini, penulis menspesifikasikan perancangan pada media belajar untuk mata pelajaran PKN. Dalam proses perancangannya, penulis menemukan beberapa hal yang menjadi dasar dari perancangan produk ini salah satunya adalah karakteristik yang dimiliki oleh penyandang PDD-NOS antara lain, mudah terdistraksi dengan hal-hal kecil, cenderung memiliki masalah komunikasi dan hubungan sosial. Produk ini dirancang menggunakan beberapa aspek visual yang disesuaikan dengan penyandang PDD-NOS menurut para ahli, seperti penggunaan warna-warna pastel dengan kontras rendah; tipografi yang mudah dibaca dan tidak bersifat dekoratif; tata kalimat yang sederhana; serta pemberian contoh dan bersifat repetitif. Dengan mengadaptasi dari metode pengajaran yang sudah ada yaitu DTT (Discrete Trial Training) pada perancangan produk tersebut, didapatkan beberapa aspek penting yang menjadi dasar kerja sistematis produk rancangan, antara lain: isyarat, perintah, respon, konsekuensi, dan jarak waktu antar instruksi. Peneliti mengadaptasi permainan ular tangga untuk dijadikan sebagai media utama pembelajaran PKN dengan tambahan media digital (dalam bentuk aplikasi perangkat gawai) sebagai alat bantu visual. Hal ini dilakukan untuk mendorong anak agar lebih giat belajar dengan metode yang mereka gemari.

References

American Psychiatric Association (2000). Diagnostic and statistical manual of mental disorders (4th ed., Text Revision). Washington, DC: Author.

Admin, K. S. W. (2016, November 29). Pervasive Developmental Disorder - Not Otherwise Specified (PDD-NOS). Kid Sense Child Development. https://childdevelopment.com.au/areas-of-concern/diagn oses/pervasive-developmental-disorder-not-otherwise-spe cified-pdd-nos/

Karabekiroglu, K. (2011, August 1). Pervasive Developmental Disorder- not Otherwise Specified: Specifying and Differentiating. IntechOpen. https://www.intechopen.com/books/autism-spectrum-dis orders-the-role-of-genetics-in-diagnosis-and-treatment/pe rvasive-developmental-disorder-not-otherwise-specified-s pecifying-and-differentiating

LEAP (Life Skills and Education for Students with Autism and other Pervasive Behavioral Challenges) Program. (n.d.). Kennedy Krieger Institute. Retrieved January 16, 2021, from https://www.kennedykrieger.org/schools-and-education/e ducational-programs/leap-program

Managing ADHD, Autism, Learning Disabilities, and Concussion in School. (n.d.). Coursera. Retrieved January 16, 2021, from https://www.coursera.org/learn/managing-adhd-autism-le arning-disabilities-and-concussion-in-school#syllabus

Pun, K. (2016, September 2). Dos and don’ts on designing for accessibility. Accessibility in Government. https://accessibility.blog.gov.uk/2016/09/02/dos-and-dont s-on-designing-for-accessibility/

Smith, T. (2001). Discrete Trial Training in the Treatment of Autism. Focus on Autism and Other Developmental Disabilities, 16(2), 86–92. https://doi.org/10.1177/108835760101600204

Temple Grandin, Ph.D. Assistant Professor Colorado State University Fort Collins, CO 80523, USA (Revised: December 2002). (n.d.). Teaching Tips for Children and Adults with Autism. Indiana Resource Center for Autism. Retrieved June 16, 2021, from https://www.iidc.indiana.edu/irca/articles/teaching-tips-for-children-and-adults-with-autism.html

What are Social Stories? - Special Learning Article. (n.d.). Special Learning. Retrieved January 16, 2021, from https://www.special-learning.com/article/what_are_social_stories

Published

22-01-2022 — Updated on 27-01-2022

Versions

How to Cite

Eileen Florean Gunawan, Flonetta Felling, Natassya Winoto, Narima Safira Imantiani, Tashia Oktavia Tanu Wijaya, Devanny Gumulya, & Eunike Puspawidjaja. (2022). Perancangan Alat Bantu Pembelajaran Mata Pelajaran Pkn Untuk Anak Pdd-Nos. SERENADE : Seminar on Research and Innovation of Art and Design, 1(1), 141–148. https://doi.org/10.21460/serenade.v1i1.25 (Original work published January 22, 2022)