BI Board, Solusi Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Siswa PDD-NOS
DOI:
https://doi.org/10.21460/serenade.v1i1.24Keywords:
PDD-NOS, Autisme, Alat Peraga, Bahasa IndonesiaAbstract
Pervasive Developmental Disorder atau PDD adalah gangguan perkembangan yang ditandai dengan adanya kerusakan yang meluas atau cukup parah di beberapa area dari pengembangan: keterampilan interaksi sosial dua arah, kepiawaian dalam berkomunikasi, atau munculnya perilaku, aktivitas, dan ketertarikan tertentu yang tergolong stereotip. Pervasive Developmental Disorder-Not Otherwise Specified atau PDD-NOS merupakan salah satu subtipe gangguan autisme yang umumnya menyebabkan kesulitan dalam belajar berbahasa dan berkomunikasi dengan sesama. Padahal, kemampuan untuk berbahasa dan berkomunikasi sangatlah penting untuk kemandirian siswa kedepannya. Tujuan dari perancangan ini adalah untuk membantu siswa dengan PDD-NOS dalam pembelajaran bahasa melalui perancangan alat peraga yang dapat meningkatan keterampilan dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Pengembangan kemampuan analisis siswa ditonjolkan karena mayoritas siswa dengan PDD-NOS memiliki kemampuan membaca teks dengan baik namun memiliki kesulitan dalam menganalisis. Perancangan diawali dengan studi data sekunder mengenai PDD-NOS dan studi data primer dengan melakukan wawancara dengan pimpinan sekolah anak berkebutuhan khusus, psikolog, orang tua dari siswa dengan PDD-NOS, dan observasi siswa dengan PDD-NOS. Perancangan dilanjutkan dengan analisis QFD dan penyusunan morphological chart. Data yang terkumpul menjadi panduan dalam perancangan produk. Hasil perancangan adalah alat peraga pendukung pembelajaran yang membantu siswa menganalisis teks narasi, persuasi, dan deskripsi dengan bantuan audio visual dan kegiatan hands-on. Alat peraga terintegrasi antara video instruksi, video pembelajaran, dan kartu-kartu kalimat serta papan apresiasi untuk tracking progress pembelajaran siswa. Dalam perancangan ini, alat peraga yang dihasilkan sudah memenuhi semua kriteria perancangan, kecuali mengenai suasana hati siswa dan kurangnya perancangan jadwal terstruktur yang dapat membantu rutinitas siswa dalam pembelajaran dengan alat peraga ini.
References
Admin, K. (2016, November 29). Pervasive Developmental Disorder - Not Otherwise Specified (PDD- NOS). Retrieved January 15, 2021, from https://childdevelopment.com.au/areas-of-concern/diagnoses/pervasive-developmental-disorder-not-otherwise-specified-pdd-nos/
American Psychiatric Association (2000). Diagnostic and statistical manual of mental disorders (4th ed., Text Revision). Washington, DC: Author.
Fau, T. N. (2020, October 12). Kalimat Utama - Pengertian, Ciri, Cara MENENTUKAN, Gagasan Utama, contoh. Retrieved March 01, 2021, from https://www.studiobelajar.com/kalimat-utama/
Fau, T. N. (2021, January 12). Paragraf – Pengertian dan Jenis Paragraf Dengan Penjelasan Lengkap. Retrieved March 01, 2021, from https://www.studiobelajar.com/paragraf-dan-jenis-jenis-paragraf/
Grandin, T. (n.d.). Teaching Tips for Children and Adults with Autism. Retrieved January 16, 2021, from https://www.iidc.indiana.edu/irca/articles/teaching-tips-for-children-and-adults-with-autism.html
GTK Dikmen Diksus. (2020). Sekolah Inklusif Di Tengah Pandemi. Retrieved February 28, 2021, from http://pgdikmen.kemdikbud.go.id/read-news/sekolah-inklusif-di-tengah-pandemi
Jandhyala, D. (n.d.). 10 Tips for Teaching Young Children with Autism Spectrum Disorder. Retrieved from Stages Learning Materials: https://blog.stageslearning.com/blog/10-tips-for-teaching-young-children-with-autism-spectrum-disorder
Karabekiroglu, K. (2011, August 01). Pervasive Developmental Disorder-Not Otherwise Specified: Specifying and Differentiating. Retrieved January 15, 2021, from https://www.intechopen.com/books/autism-spectrum-disorders-the-role-of-genetics-in-diagnosis-and-treatment/pervasive-developmental-disorder-not-otherwise-specified-specifying-and-differentiating
Pun, K. (2016, September 02). Dos and Don'ts on Designing for Accessibility. Retrieved January 15, 2021, from https://accessibility.blog.gov.uk/2016/09/02/dos-and-donts-on-designing-for-accessibility/
Shea V. (2013) Treatment and Education of Autistic and Related Communication-Handicapped Children. In: Volkmar F.R. (eds) Encyclopedia of Autism Spectrum Disorders. Springer, New York, NY. Retrieved January 24, 2021, from https://doi.org/10.1007/978-1-4419-1698-3_949
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 SERENADE : Seminar on Research and Innovation of Art and Design
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.