Analisis Perbandingan Kemasan Berkelanjutan Berbahan Dasar Material Alam

Authors

  • Nanda Nini Anggalih

DOI:

https://doi.org/10.21460/serenade.v1i1.18

Keywords:

Kemasan, Keberlanjutan, Komparasi

Abstract

Akhir-akhir ini isu keberlanjutan atau sustainability menjadi topik hangat yang sering diperbincangkan, terutama karena meningkatnya jumlah sampah, khususnya sampah kemasan. Kemasan mempunyai daya rusak yang sangat besar bagi lingkungan. Bersamaan dengan berbagai masalah pencemaran lingkungan oleh karena sampah industri maupun sampah rumah tangga, produsen dan industri kemasan dituntut untuk mencari bahan baku atau membuat kemasan-kemasan tertentu yang ramah lingkungan. Kemasan yang less damaging semakin diminati dan dan hal tersebut dinilai sangat efektif dalam pemasaran dan memicu banyaknya riset pengembangan kemasan ramah lingkungan di kemudian hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana merek atau produsen kemasan menggunakan prinsip-prinsip sustainability dalam mengembangkan produk maupun kemasannya sehingga dapat memenuhi kebutuhan fungsional dan ekonomi tanpa mengorbankan masa depan ekosistem. Penelitian ini menggunakan menggunakan metode analitis kualitatif berdasarkan data yang terkumpul kemudian dijabarkan secara deskriptif dengan membandingkan ketiga objek penelitian sebagai studi kasus. Hasil penelitian dapat dijadikan pertimbangan dalam memilih bahan kemasan terutama guidance dan tatacara manajemen supply chain serta siklus kemasan untuk menghasilkan produk yang berkelanjutan.

References

Sonneveld, Kees dan James, Karli. 2005. Sustainable Packaging: How do we Define and Measure It?. Victoria University.

Q. Zhu, J. Sarkis, and K. Lai. 2007. Green supply chain management: pressures, practices and performance within the Chinese automobile industry. Journal of Cleaner Production. Vol.15, 2007, pp.1041-1052.

http:// www.dell.co.uk

http://www.carlsberggroup.com

http://www.thedieline.com

http://orientalbamboo.com

Published

22-01-2022

How to Cite

Nanda Nini Anggalih. (2022). Analisis Perbandingan Kemasan Berkelanjutan Berbahan Dasar Material Alam. SERENADE : Seminar on Research and Innovation of Art and Design, 1(1), 92–96. https://doi.org/10.21460/serenade.v1i1.18