Eksplorasi Buah Pinang Merah Sebagai Material Produk Lampu Hias

Authors

  • Muhammad Syafiqha Alfaatihah Alvaran
  • Andry Masri

DOI:

https://doi.org/10.21460/serenade.v1i1.10

Keywords:

pinang merah, eksplorasi material, desain produk, lampu hias.

Abstract

Tanaman pinang merah merupakan tanaman hias yang mudah dibudidayakan dan menghasilkan buah dalam waktu singkat dengan jumlah banyak. Pemanfaatan buah pinang merah untuk konsumsi maupun kriya belum banyak dilakukan. Sehingga, pada saat ini masih dianggap sebagai limbah. Tujuan proyek desain ini menghasilkan desain produk lampu hias yang menawarkan kebaruan dengan memanfaatkan karakteristik khas buah pinang merah. Metode yang digunakan adalah pendekatan eksplorasi material, dimulai dengan pemberian perlakuan fisik, proses kimiawi terhadap setiap lapisan pada buah pinang merah. Berdasarkan perlakuan yang diberikan, diamati respon yang ditawarkan akibat dari masing-masing perlakuan. Respon perlakuan fisik ataupun kimia yang mampu menawarkan nilai kebaruan berdasarkan karakteristik khas dari material dipilih sebagai modul yang diperbanyak. Langkah selanjutnya adalah mempertimbangkan agar diperoleh desain yang paling optimal, seperti sistem penyambungan modul yang tetap harus mempertimbangkan efek visual secara keseluruhan. Proses akhir adalah perangkaian sistem lampu dan base beserta susunan modul. Hasil eksplorasi dari buah pinang merah menawarkan kualitas visual yang khas antara lain dengan tampilan dua tekstur serta warna yang berbeda, memanfaatkan karakteristik dari lapisan buah pinang merah. Selain itu, modul dapat ditembus cahaya secara baik walaupun tidak tranparan pada kondisi lampu tidak menyala. Dari proyek ini, dihasilkan sebuah desain produk lampu hias melalui metode ekplorasi memanfaatkan karakterisitik material non-konvensional yang tidak termanfaatkan secara baik.

References

Andry, and Sachari, A. (2015). “Konsep Permainan Dalam Eksplorasi Material Untuk Pengembangan Craft.”

Ulum, A. (2020). “Mengenal Lebih Dekat Pohon Pinang, Si Tinggi Dari Keluarga PalemPaleman.”

Ciriciripohon.Com. Retrieved June 17, 2021a (https://www.ciriciripohon.com/2020/05/mengenal-lebih-dekat-pohon-pinang-si.html).

Anon. n.d. “SIPSN - Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional.” Retrieved June 5, 2021b(https://sipsn.menlhk.go.id/sipsn/).

Anon. (2013). "Wodyetia Bifurcata - Pacsoa.” Retrieved June 17, 2021c (http://www.pacsoa.org.au/w/index.php?title=Wodyetia_bifurcata).

Ediyansyah, M. and Masri, A. (2021). “Proses Pemanfaatan Modul Bonggol Jagung Berbentuk Balok Menjadi Material Utama Desain Lampu.”

Saptorini, P. I. and Masri, A (2020). “The Chair Design Process by Utilizing a Cylinder Module from Corn Cobs.” Jurnal Desain Indonesia. 2(1):1–10. Doi: 10.52265/jdi.v2i1.30

Published

22-01-2022

How to Cite

Muhammad Syafiqha Alfaatihah Alvaran, & Andry Masri. (2022). Eksplorasi Buah Pinang Merah Sebagai Material Produk Lampu Hias. SERENADE : Seminar on Research and Innovation of Art and Design, 1(1), 36–43. https://doi.org/10.21460/serenade.v1i1.10